Jumat 23 Feb 2018 09:11 WIB

Rumah Zakat Dirikan Warung Kita

Konsep usaha yang diangkat adalah swalayan berbasis pemberdayaan lokal.

Rumah Zakat Dirikan Warung Kita
Rumah Zakat Dirikan Warung Kita

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI--Warung Kita (WK), merupakan Warung Jajanan Oleh-oleh khas Cikarang, berlokasi di KP. Sempu RT. 003/003, Desa Pasir Gombong, Cikarang Utara, Bekasi.   WK sudah mampu menghimpun, dan memasarkan 25 Produk aneka makanan Basah, dan 17 produk aneka makanan kering. Produk-produk tersebut hasil dari himpunan member aktif binaan Rumah Zakat, dan warga sekitar yang menitipkan produk di Warung Kita.

Berdasarkan hasil assesment tim, sebelum membentuk WK, dengan banyaknya penduduk di Cikarang yang notabenenya penduduk urban, memberikan gambaran peluang pasar yang bagus, dikarenakan di Cikarang belum ada pusat oleh-oleh yang khas produk lokal. Hal senada  disampaikan oleh custemer WK, Susi saat berbelanja di WK. ''Betul sekali saya perantau dari boyolali rasanya sulit sekali mencari oleh-oleh di cikarang. Setelah adanya WK alhamdulillah jadi mudah dan bisa belanja oleh-oleh di sini, dan bisa membawa oleh-oleh untuk keluarga di Kampung,'' ujar susi dalam siaran pers Rumah Zakat yang diterima Republika, Jumat (23/2) .

Hafidz Faidi, fasilitator pemberdayaan Rumah Zakat DesBer Pasir Gombong, membentuk WK dengan konsep tata ruang Stylish Homy (Gaya Rumahan). Dipadukan dengan hasil pemberdayaan lingkungan seperti, Ecobrick (bata ramah lingkungan), penghijauan, dan  aksesoris dari barang bekas. Sehingga kesan yang didapat mewah, asri dan ramah lingkungan. "Konsep usaha yang diangkat adalah Swalayan Berbasis Pemberdayaan Lokal, maksudnya produk-produk yang pasarkan di WK semuanya hasil olahan masyarakat lokal Cikarang," papar Hafidz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement