Sabtu 10 Feb 2018 12:25 WIB

RZ Bantu Cegah Demensia dengan Pelatihan Makrame

Pelatihan makrame membantu mencegah demensia sekaligus jadi penghasilan baru lansia.

RZ menggelar pelatihan makrame demi membantu mencegah demensia.
Foto: Rumah Zakat
RZ menggelar pelatihan makrame demi membantu mencegah demensia.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rumah Zakat (RZ) bersama Cita Sehat Foundation mengadakan pelatihan membuat tas dari bahan tali kur atau yang biasa disebut dengan Makrame, beberapa waktu lalu. Pelatihan tersebut bertujuan untuk mencegah demensia yang biasa menjangkit warga usia di atas 65 tahun.

Bertempat di Desa Madurejo Prambanan Sleman, pelatihan yang sangat efektif untuk melatih otak ini dibagi ke dalam tiga gelombang. Setiap gelombangnya diikuti oleh 10-15 lansia dan kader di Desa Madurejo dan Desa Jogotirto.

“Pelatihan ini ditujukan sebagai usaha untuk pencegahan demensia pada lansia. Selain itu, dengan adanya pelatihan ini juga diharapkan bisa menjadi salah satu sumber penghasilan para lansia,” ujar Fasilitator Rumah Zakat Tri Kaesi, seperti dalam siaran pers RZ.

Demensia adalah sindrom yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak. Seperti berkurangnya daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir, memahami sesuatu, melakukan pertimbangan, dan memahami bahasa, serta menurunnya kecerdasan mental.

photo
Para lansia dengan sabar mengikuti pelatihan makrame.

“Awalnya sih sulit, berkali kali salah, berkali kali dibongkar lagi. Kuncinya sabar dan tidak menyerah. Setelah bisa, ternyata sangat menyenangkan,” tutur Santoso, salah satu peserta.

Komunitas Pengusaha Yogyakarta-Jawa Tengah yang dipimpin oleh Ahmad Nur Umam menyatakan siap membantu untuk memasarkan aneka tas hasil produk lansia dengan memanfaatkan jaringan pengusaha di seluruh Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement