Sunday, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 February 2018

Sunday, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 February 2018

Rumah Zakat Bangun Jembatan Gantung di Cikelet

Senin 05 February 2018 16:03 WIB

Red: Rahmat Santosa Basarah

Rumah Zakat Bangun Jembatan Gantung di Cikelet

Rumah Zakat Bangun Jembatan Gantung di Cikelet

Empat tahun masyarakat Dusun Cikarang harus melintasi aliran sungai untuk menyeberang

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT--Dusun cikarang yang berdekatan dengan muara Sungai Cikarang terletak di pinggiran hulu sungai yang menjadi pertemuan beberapa sungai di delapan Desa di Kecamatan Cikelet.  Guna memudahkan mobilitas warga dan mengurasi resiko kecelakaan saat melintasi sungai, Majelis Ta’lim Telkomsel (MTT) bekerjasama dengan Rumah Zakat dibantu 12 anggota Vertical Rescue Indonesia (VRI) membangun jembatan rawayan yang membentang diatas sungai di Dusun Cikarang.  Jembatan yang dibangun menghubungkan  Dusun Cikarang di Desa Cikelet dan Dusun Tegal di Desa pamalayan Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat.

Proses pembangunan jembatan memakan waktu selama empat hari sejak tanggal 18-21 Januari 2018 setelah terlebih dahulu melalui proses assesment seminggu sebelumnya. Sedangkan pembelian material jembatan dilakukan selama dua hari sejak tanggal 10-11 Januari 2018. Persiapan pembangunan jembatan berupa pengukuran besi tiang, pemotongan sekaligus perakitan gapura, pembuatan 8 angkor dari beton, pengecatan, pengeboran dan packing dilaksanakan di Sekretariat VRI di Bandung dari tanggal 14-17 Januari 2018.

''Sebelum jembatan dibangun, genap empat tahun sudah masyarakat Dusun Cikarang harus melintasi aliran sungai untuk mencapai desa tetangga, tutur Dadan koordinator lapangan Rumah Zakat dalam penyaluran program pembangunan jembatan dalam siaran pers Rumah Zakat yang diterima Republika, Senin (5/2). Sejak akhir tahun 2013 jembatan satu-satunya di desa tersebut rusak tersapu air pasang. Sedikitnya 30 pelajar beserta ratusan pedagang maupun petani terpaksa melintasi aliran sungai yang cukup deras setiap harinya. Tak jarang resiko hanyut terbawa air pasangpun kerap kali mengintai bahkan pakaian yang dikenakanpun kerap basah terkena cipratan air.

''Terimakasih kepada Rumah Zakat dan MTT yang telah memfasilitasi warga membangun jembatan. Jembatan ini sangat membantu dalam menunjang aktifitas warga sehari-hari khususnya pelajar yang biasanya masuk ke sungai untuk melintas. Juga memudahkan warga saat membawa hasil panen,'' tutur  Danramil Cikelet, Suhana.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES