Jumat 15 Dec 2017 18:37 WIB

Rumah Zakat Salurkan Bantuan di Solok

  Rumah Zakat Salurkan Bantuan di Solok
Rumah Zakat Salurkan Bantuan di Solok

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG--Rumah Zakat kembali melakukan aksi peduli bencana terhadap korban banjir bandang dan longsor di Nagari Guguak Sarai, Kecamatan IX Koto Sungailasi, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Rumah Zakat menurunkan tujuh orang relawan untuk menyalurkan 75 paket sembako, 30 paket hygiene kit, dan alat kebersihan.  Selain menyalurkan bantuan, relawan Rumah Zakat juga membantu membersihkan rumah warga dan fasilitas umum. Banjir bandang dan longsor tersebut menyebabkan dua jembatan putus, satu jembatan rusak parah, dan akses jalan Sungai Janiah menuju Sirembang terputus.

''Kami membantu warga membersihkan Masjid Raya Guguak Sarai, karena seluruh ruangannya tergenangi air. Seluruh fasilitas seperti sajadah dan Al Quran pun ikut terendam, sehingga banyak yang rusak,'' ujar Fauzan Sauri, Koordinator relawan Rumah Zakat dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat (15/12).

Menurut BPBD setempat, data korban yang terdampak bencana banjir bandang di Nagari Guguak Sarai mencapai 105 KK, dengan jumlah 538 jiwa. Sedangkan jumlah rumah yang terdampak sebanyak 110 unit. Selain rumah, terdapat juga satu bangunan sekolah dan masjid yang terdampak akibat bencana tersebut. Kebutuhan mendesak yang diperlukan oleh warga saat ini adalah sembako, air bersih, pakaian dewasa dan anak anak, pembalut wanita, popok bayi, selimut, peralatan mandi, peralatan dapur dan alat kebersihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement