Kamis , 09 November 2017, 10:58 WIB

Rumah Zakat Buka Layanan Pengobatan Gratis untuk Lansia

Red: Rahmat Santosa Basarah
 Rumah Zakat Buka Layanan Pengobatan Gratis untuk Lansia
Rumah Zakat Buka Layanan Pengobatan Gratis untuk Lansia

REPUBLIKA.CO.ID,GUNUNG KIDUL--Rumah Zakat membuka layanan pengobatan gratis kepada para lansia di Desa Berdaya Pacarejo Kec. Semanu, Kab. Gunungkidul. Pengobatan gratis tersebut diselenggarakan di rumah Kepala Dukuh Jetis Kulon yang dihadiri oleh 21 lansia. Bekerjasama dengan Klinik Assyifa,  layanan pengobatan gratis tersebut melayani segala keluhan yang dirasakan oleh para lansia, mulai dari sakit pinggang, sakit persendian kaki, sesak napas, sulit tidur, dan pusing-pusing. ''Kalau sudah tua itu banyak banget yang kerasa, Dek. Sekarang biasanya dikit–dikit pusing, dan sering sakit kaki. Terimakasih ya adik-adik, nanti obatnya saya minum langsung,'' ungkap Mbah Tomo (85 th) dalam siaran pers yang diterima Republika belum lama ini.

Ratno Sungkowo selaku fasilitator Rumah Zakat mengatakan bahwa kegiatan pengobatan gratis untuk lansia tersebut merupakan implementasi dari program senyum sehat yang diinisiasi oleh Rumah Zakat. ''Insya Allah kegiatan ini rutin akan dilaksanakan setiap bulan, karena ini merupakan program yang direkomendasikan oleh tokoh masyarakat Desa Pacarejo saat diskusi FGD. Nah, untuk bulan ini targetnya adalah lansia di RT 03 dan 04 di Dusun Jetis Kulon,'' kata Ratno.

Setelah semua lansia  mendapatkan layanan dan pemberian obat, acara ditutup dengan diskusi santai antara petugas medis, kader posyandu, dan fasilitator Rumah Zakat. ''Semoga kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis ini dapat memberikan manfaat kepada para lansia, sehingga mereka semakin sehat dan tambah bersemangat untuk beribadah,'' tambah Retno.