Rabu , 11 October 2017, 15:00 WIB

Siswa MTs 1 Surabaya Belajar Penanggulangan Kebakaran

Red: Dwi Murdaningsih
rumah zakat
Siswa-siswa MTS N 1 Surabaya belajar memadamkan api dan mencegah kebakaran.
Siswa-siswa MTS N 1 Surabaya belajar memadamkan api dan mencegah kebakaran.

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Rumah Zakat Surabaya kembali melaksanakan Pelajar Siaga Bencana (PSB) Sabtu (30/9). Kali ini, PSB diselenggarakan di MTs N 1 Surabaya dan bersinergi dengan Care For Teen Surabaya. Kegiatan dimulai dengan latihan memanah dan dilanjutkan dengan PSB.

"Ada 63 orang anak yang ikut kegiatan hari ini. Materi yang disampaikan adalah mengenai pencegahan dan penanggulangan kebakaran awal. Praktiknya yaitu memadamkan api dengan APAR dan karung goni basah" ujar Alfian, penanggung jawab Bidang Health and Disaster Relawan Rumah Zakat Surabaya.

Pihak sekolah merasa bangga bahwa anak didik mereka dapat mengikuti pelatihan-pelatihan seperti ini. "Pelatihan pemadaman api dari Relawan Rumah Zakat Surabaya keren sekali. Memang baik diajarkan seusia remaja awal, selain melatih keberanian, juga supaya tidak 'gupuh' ketika melihat kebakaran," ujar Ilham, PIC Care For Teen Surabaya.

Menurut Ilham, materi yang disampaikan sangat lengkap dan jelas. Praktik dari relawan juga sangat detail. Siswa juga diberi kesempatan mencoba dan diberi reward sebagai apresiasi. Dia berharap dengan PSB ini adik-adik dapat paham dan mengerti tentang cara memadamkan api dengan menggunakan APAR dan karung goni basah.