Selasa , 10 Oktober 2017, 13:15 WIB

Membangun Kepemimpinan Melalui Rohis Sekolah

Red: Dwi Murdaningsih
rumah zakat
Pelatihan yang diadakan  Rohis Madrasah Aliyah Swasta Kepenuhan bekerjasama dengan Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, Ahad (8/10).
Pelatihan yang diadakan Rohis Madrasah Aliyah Swasta Kepenuhan bekerjasama dengan Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, Ahad (8/10).

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Dua ruang kelas Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Kepenuhan di Desa Kepenuhan Barat Kec. Kepenuhan  terisi penuh. Ada sekitar 83 siswa-siswi antusias mengikuti kegiatan yang diadakan Rohis Madrasah Aliyah Swasta Kepenuhan bekerjasama dengan Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, Ahad (8/10).

Kegiatan yang bertema 'One Day Motivation For Rohis MAS Kepenuhan' ini dihadiri oleh anggota dan pengurus Rohis MAS Kepenuhan. Kegiatan motivasi terdiri dari tiga sesi. Pada sesi pertama di sampaikan oleh Fasilitator Rumah Zakat, Basrul. Basrul menyampaikan pentingnya membangun karakter pemuda Islam sedini mungkin. Ia menekankan bahwa prestasi itu tolak ukurnya bukan hanya nilai-nilai yang tertuang di rapor, tapi yang jauh lebih penting adalah cara memperoleh nilai tersebut.

"Apakah diperoleh dengan jujur, kerja keras dan bertanggungjawab," kata Basrul.

Di sesi kedua, materi tentang membangun jiwa kepemimpinan disampaikan oleh Iskandar dari YPPMR Ujung Batu. Salah satu pesan penting yang ia sampaikan ialah bangunlah jiwa kepemimpinan dari sekarang. Rohis merupakan salah satu wadahnya.

"Rencanakan program kerja yang menarik dan menyenangkan agar teman-teman sekolah mau ikut kegiatan-kegiatan tersebut. Dan jika kepemimpinan Rohisnya berjalan baik akan menjadi ekskul yang banyak diminati," kata dia.

Di sesi terakhir, materi yang disampaikan berfokus pada penguatan organisasi Rohis dengan membuat perencanaan yang baik, pengurus yang aktif dan kegiatan mentoring yang berlangsung berkesinambungan. Materi yang disampaikan oleh Pembina Rohis SMA N 1 Kepenuhan, Tina Rumyati akan ditindaklanjuti oleh pengurus Rohis dengan mengaktifkan kegiatan mentoring dan kegiatan-kegiatan rutin lainnya yang terorganisasi dengan baik.

Sebelum ditutup dengan muhasabah dan doa, tidak lupa panitia memberikan doorprize kepada peserta teraktif selama kegiatan. “Terimakasih kepada panitia dan Rumah Zakat atas terlaksananya kegiatan yang sangat berkesan ini, ia dan peserta lainnya bertekad menjadikan ekskul Rohis sebagai contoh positif bagi ekskul lainnya. Rohis yes, Prestasi Ok, ibadah mantap,” kata Amar Ma'rufi, salah seorang peserta.