Kamis 20 Jul 2017 09:31 WIB

Warga Cirebon Antusias Lakukan Sedekah Sampah

Panen sedekah sampah di Kota Cirebon, Jawa Barat.
Foto: Dok Rumah Zakat
Panen sedekah sampah di Kota Cirebon, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Warga di wilayah binaan Kebon Baru, RW 06 Tanda Barat, Kota Cirebon, Jawa Barat, kembali melakukan panen sedekah sampah. Sebanyak 23 orang warga pada Sabtu (15/7) berbondong-bondong membawa tabungan sampah dari rumah masing-masing untuk dikumpulkan di bank sampah setempat.

Sebelum penimbangan sampah, para warga terlebih dahulu mendapatkan edukasi mengenai pengelolaan sampah yang tepat. Materi tersebut disampaikan oleh Public Health Cita Sehat Cirebon, Lisaidah. Dia mengatakan ke depannya, akan ada rencana untuk pemberian materi keterampilan mengelola sampah sehingga dapat bernilai jual.

Panen kali ini terkumpul sebanyak 50 kilogram dari 23 orang warga. "Masyarakat di sini juga semakin antusias terkait kegiatan sedekah sampah, kami merencanakan ke depannya masyarakat akan mempelajari keterampilan mengelola sampah,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, baru-baru ini.

Lisa menyebut, hasil panen sampah tersebut dikumpulkan untuk kemudian dijual kepada pengepul. Hasil uang penjualan akan digunakan untuk pembelian obat dan perlengkapan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tiga bulan sekali di wilayah Kebon Baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement