Senin 23 Oct 2017 14:15 WIB

Harti Kridanti Mendapat Ketenangan dari Islam

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Mualaf tengah berdoa (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

Saat memeluk Islam, Dantik masih belum bisa membaca Alquran dan belum ada niat untuk belajar. Setelah kedua anaknya dewasa dan mendapatkan motivasi dari anak dan menantunya, Dantik mulai tergerak memperdalam agama dan belajar membaca Alquran. Sedikit demi sedikit Dantik belajar Iqra dan kini sudah bisa memebaca Alquran meski masih terbata-bata.

“Ilmu saya dangkal tentang Islam, alhamdulillah, anak sudah mulai besar, anak yang pertama sedikit-sedikit mengajari saya,”ungkap dia menjelaskan.

Dukungan penuh mendalami Alquran didapat dari anak dan menantunya yang kini tinggal di Bogor. Memang anak pertamanya sejak lama mendalami Islam dan selalu memotivasi ibu dan adiknya. Selain mengikuti pengajian di lingkungan rumahnya, dia juga mengikuti kajian di kantor pemerintahan tempatnya bekerja.

Anaknya pun memfasilitasi Dantik yang kini berusia 56 tahun dengan buku-buku, bahkan mengundang ustaz ke rumah untuk pengajian pekanan. Dantik pun sering bertanya dengan teman-temannya yang lebih dulu mendalami Islam, terutama dalam masalah muamalah dan fikih.

Memperdalam agama sebenarnya tidak terlepas dari masalah yang dialaminya dalam rumah tangga. Ikatan perkawinan yang mulanya dirajut karena cinta dan kebahagiaan harus kandas. Dantik berpisah dengan suaminya di tahun 2008. Dia tidak menjelaskan secara rinci penyebab perpisahannya, cukup hanya keluarganya yang mengetahui penyebabnya. Baginya itu merupakan sebuah aib yang harus ditutupi.

Meski beryahadat karena menikah kemudian pisah, tidak setitik pun ada niat untuk kembali kepada agama lama. Hingga kini kedua orang tuanya masih memeluk agama lama. Begitu juga dengan kakak pertama dan kedua adiknya.

Justru masalah rumah tangga yang dihadapinya makin membuatya lebih pasrah kepada Allah SWT. Setelah persoalan itu selesai, dia merasa lebih tenang dan ini dirasakan sebagai jalan yang dipilihkan oleh Allah SWT.

Dantik juga kini sudah berhijab. Dia tak pernah meninggalkan shalat lima waktu. Meskipun saat ini dia belum melaksanakan haji dan umrah, suatu hari dia berharap dapat melaksanakan ibadah tersebut, melihat langsung tempat nabi-nabi beribadah kepada Allah dan merasakan langsung bagaimana bermunajat di samping Rasulullah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement