Rabu 26 Nov 2014 08:59 WIB

Wakil Bupati Balangan Lepas Kontingen Tilawah

Salah satu perlombaan MTQ di Indonesia.
Foto: Republika/Agung Supriyanto/ca
Salah satu perlombaan MTQ di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, PARINGAN -- Wakil Bupati Balangan, Kalimantan Selatan, H Ansharuddin, melepas keberangkatan kontingen Tilawah yang akan mengikuti pekan keterampilan dan seni pendidikan agama Islam tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Anshar mengatakan, pelajar sebagai kelompok umur terbesar dalam struktur penduduk Indonesia yang merupakan fokus perhatian dan investasi yang strategis bagi pembangunan sumber daya manusia.

"Kita perlu membekali mereka dengan pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif melalui pendidikan di sekolah dan madrasah agar menjadi bagian dari masyarakat Indonesia yang beriman dan bertaqwa," ujarnya di Paringin, Selasa (25/11).

Kegiatan ini, menurut Anshar, sangat penting bagi generasi penerus, guna menumbuhkan rasa percaya diri, sportivitas, rasa persatuan dan kesatuan, memupuk jiwa seni dan budaya yang tinggi serta memantapkan jiwa kepemimpinan.

Sasaran kegiatan ini adalah meningkatkan keimanan dan ketaKwaan kepada Allah SWT, meningkatkan akhlak yang mulia dan pemahaman serta penghayatan ajaran agama.

"Dampak positif dari kegiatan pekan keterampilan seni agama Islam ini akan sangat dirasakan oleh lembaga keagamaan, masyarakat umum bahkan Pemerintah Kabupaten Balangan di masa sekarang dan masa yang akan datang," katanya.

Ansar berpesan kepada peserta dan para pendamping agar menjaga kekompakan dan kesehatan serta menjaga nama baik Kabupaten Balangan di mata para peserta dari kabupaten lainnya pada acara tersebut.

Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam yang sekaligus sebagai pimpinan kontingen H Fahmi Wahid menerangkan, akan membawa 21 peserta yang diambil dari hasil seleksi di kecamatan-kecamatan di Balangan.

"Peserta berasal dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas, karena lomba ini bersifat untuk sekolah umum non madrasah," ungkapnya.

Dalam kegiatan pekan keterampilan dan seni pendidikan agama Islam tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang pertama ini, ia menegaskan tidak mematok target kepada para peserta, namun optimistis berada pada lima besar.

"Kita persiapkan selama satu bulan penuh, dan pada tilawah Alquran tingkat Sekolah Dasar, Lomba Pidato serta Lomba Debat dan cerdas cermat, kita yakin mereka mampu meraih hasil terbaik untuk Balangan," tegasnya.

Pelaksanaan pekan keterampilan dan seni pendidikan agama Islam ini akan diselenggarakan selama empat hari yang bertempat di Asrama Haji Banjarbaru Kalimantan Selatan sejak 28 November 2014 sampai 1 Desember 2015.

Lomba yang akan dilaksanakan pada acara tersebut sesuai tingkat pendidikan, seperti lomba cerdas cermat, tilawah Quran, hafal Quran dan lomba pidato untuk tingkat Sekolah Dasar.

Kemudian Tilawah Quran, cerdas cermat, lomba pidato dan lomba kaligrafi untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama serta lomba debat, tilawah Quran, lomba pidato, nasyid Islam dan kreasi busana muslim tingkat Sekolah Menengah Umum.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement