Jumat 08 Mar 2024 19:07 WIB

MTQ Wujudkan Sinergi dalam Pembangunan Keagamaan

Wonosobo menggelar MTQ untuk mencetak generasi cinta Alquran.

Ilustrasi MTQ.
Foto: Dok Republika
Ilustrasi MTQ.

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSOBO -- Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) merupakan wujud sinergi dalam mewujudkan program pembangunan dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat, kata Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat.

Selain itu MTQ merupakan pengembangan dan ikhtiar syiar Islam untuk mengagungkan kalam Illahi, meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif kitab Alquran bagi umat Islam, katanya dalam siaran pers di Wonosobo, Kamis.

Baca Juga

Bupati saat membuka MTQ Ke-30 Kabupaten Wonosobo tahun 2024 mengatakan momentum itu juga perwujudan dari upaya membumikan ajaran Alquran untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan bermasyarakat sekaligus manifestasi kepedulian dan kecintaan umat Islam terhadap Alquran.

Selain itu, kata Afif, MTQ memiliki makna yang sangat strategis bagi pembentukan akhlak dan moral generasi penerus bangsa. Apalagi menilik era saat ini, di mana teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak perubahan gaya hidup, pergaulan, hingga peningkatan kebutuhan sosial.

"Saya harap pelaksanaan MTQ ini tidak semata-mata hanya sebagai wahana perlombaan semata, namun juga menjadi sarana memahami, mendalami dan mengimplementasikan isi dan kandungan dalam Alquran untuk kehidupan sehari-hari, dalam rangka penegakan nilai-nilai agama, juga sebagai upaya menyempurnakan akhlak umat Islam," katanya.

Menurut dia, saat ini pengamalan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan beragama relatif menggembirakan, terutama pada tingkat pelaksanaan ritual keagamaan yang didukung penyediaan sarana dan prasarana. Salah satunya kegiatan seleksi MTQ sebagai wujud stimulan untuk meningkatkan penghayatan kecintaan dan pengamalan ajaran Islam yang rahmatan lil’alamin.

"Saya berpesan agar para peserta MTQ tidak hanya mengejar kemenangan, tetapi juga berupaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Alquran," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonosobo Panut menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk musabaqah dan kompetisi, sekaligus menjadi instrumen dalam mengukur capaian dari ikhtiar dan tilawatil Quran yang selama ini telah dilakukan.

Kegiatan ini menguatkan silaturahmi, kebersamaan, dan gotong-royong antarkafilah (utusan) atau ukhuwwah Islamiyah, wathaniyah, dan insaniyah.

Ia menjelaskan, MTQ diikuti 278 peserta dari 15 kecamatan, yang terdiri dari 9 majelis, yaitu cabang seni tilawah Alquran, cabang qiroat Alquran, cabang hafalan Alquran, dan cabang tafsir Alquran. Selain itu juga ada cabang FHM Alquran, cabang syarh Alquran, cabang seni kaligrafi Alquran, cabang karya tulis ilmiah Alquran (KTIQ), dan cabang eksibisi.

Menurut dia, pengejawantahan nilai-nilai dalam Alquran, silaturahmi, dan kebersamaan yang tercipta antar kafilah di arena MTQ mampu menciptakan ketenteraman lahir batin, sesuai tema MTQ 2024, yakni meneguhkan pengamalan nilai-nilai Alquran dalam mewujudkan masyarakat Wonosobo yang Qurani, sejahtera, lahir dan batin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement