Kamis 22 Mar 2018 17:06 WIB

Agar Mudah Mendatangkan Rezeki

ada hal-hal untuk mempermudah datangnya rezeki.

Rep: Syahruddin el-Fikri/ Red: Agung Sasongko
Rezeki/Ilustrasi
Foto: wordpress.com
Rezeki/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kitab Ta'lim al-Muta'allim ila Thariqah al-Ta'allum yang lebih dikenal dengan nama Ta'lim Muta'allim, adalah satu-satunya karya Syekh Burhanuddin Al-Zarnuji. Di kitab tersebut Al-Zarnuji mengungkap, ada hal-hal untuk mempermudah datangnya rezeki dan menghambat rezeki. Yang mempermudah datangnya rezeki adalah doa, sedangkan yang menjadi penyebab penghalang rezeki adalah dusta dan dosa. Dusta dapat menyebabkan kefakiran.

''Tidur di pagi hari bisa menyebabkan fakir harta juga fakir ilmu. Termasuk, rugi bila malam dibiarkan lewat begitu saja tanpa guna, karena malam juga termasuk dari umur yang dijatah.''

Hal lain yang dapat menghalangi rezeki ialah tidur dengan telanjang, kencing telanjang, makan dalam keadaan junub, tidur di atas lambung, membiarkan makanan yang terjatuh, membakar kulit bawang merah dan bawang putih, menyapu rumah dengan sapu tangan, menyapu rumah pada malam hari, membiarkan sampah di dalam rumah, berjalan di muka orang tua, memanggil orang tua dengan nama keduanya, membersihkan gigi dengan sembarang kayu, membersihkan tangan dengan debu, duduk di muka pintu, bersandar di daun pintu, berwudu di tempat beristirahat, menambal baju yang sedang dikenakan, membersihkan badan dengan baju, membiarkan sarang laba-laba di dalam rumah, dan meremehkan (menunda-nunda) shalat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement