Rabu, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 Februari 2018

Rabu, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 Februari 2018

Rayakan Hari Hijab Sedunia, SMP Al-Amjad Tebar Hijab

Rabu 14 Februari 2018 15:47 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agung Sasongko

Siswa-siswi SMP Islam Al-Amjad menyelenggarakan  aksi Tebar Hijab dalam rangka memperingati Hari Hijab Sedunia di jalan Gagak Hitam (Ringroad) Kota Medan, Rabu (14/2).

Siswa-siswi SMP Islam Al-Amjad menyelenggarakan  aksi Tebar Hijab dalam rangka memperingati Hari Hijab Sedunia di jalan Gagak Hitam (Ringroad) Kota Medan, Rabu (14/2).

Foto: istimewa
Tebar Hijab ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun.

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN — Siswa-siswi SMP Islam Al-Amjad yang berada di bawah naungan Yayasan Haji Hasballah Yunus (YHHY) Medan menyelenggarakan aksi simpatik Tebar Hijab dalam rangka memperingati Hari Hijab Sedunia. Aksi pembagian hijab dan edukasi terhadap hijab ini mengambil tempat di persimpangan Jalan Gagak Hitam (Ringroad) dengan Jalan Merak-Amal, Rabu (14/2). Hari Hijab Sedunia jatuh pada 1 Februari lalu.

Ketua Pengurus YHHY Fadhullah mengatakan sasaran yang ingin dicapai dalam aksi amal ini guna mengedukasi dan mengajak Muslimah yang belum berhijab untuk menutup aurat. "Kita ingin memunculkan kesadaran masyarakat tentang kewajiban berhijab. Jadi kita ingin membentuk pola pikir yang lebih Islami bagi siswa dan masyarakat," kata Fadhullah melalui keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id.

Pembagian hijab di jalan raya yang dilakukan secara langsung oleh anggota OSIS dan guru-guru SMP Al-Amjad. Hijab yang mereka bagikan itu sudah dikumpulkan oleh internal SMP Al-Amjad sejak awal Februari silam. Total hijab yang siap dibagikan adalah dari 1.200 buah hijab.

Selain dibagikan pada masyarakat pengguna jalan, sekitar 500 buah hijab juga akan disalurkan melalui lembaga penyalur hijab yang mempunyai kegiatan rutin membagikan hijab yakni Hijab Dhuafa dan MOS Club Deli Serdang. Selain untuk edukasi kegiatan Tebar Hijab ini juga bertujuan memberikan bantuan bagi orang-orang yang sudah berhijab atau ingin berhijab namun terkendala materi untuk membeli hijab.

Untuk melakukan hal itu SMP Al-Amjad bekerja sama dengan lembaga yang memiliki program penyaluran hijab. Di kalangan aktivis Islam Indonesia hari Hijab Sedunia tak dirayakan pada 1 Februari. Tapi digeser ke tanggal 14 Februari supaya mengalihkan perhatian publik terutama yang beragama Islam agar lebih memperhatikan momentum yang bernilai Islami dibandingkan merayakan hari Valentine.

Ini bukan kali pertama bagi SMP Al-Amjad merayakan hari Hijab Sedunia. Fadhullah menjelaskan kegiatan ini sudah pernah dilakukan dalam momentum yang sama pada tahun lalu. Melihat respons yang positif dari siswa, orang tua dan masyarakat, kegiatan ini rencananya akan dijadikan kegiatan rutin tahunan.

Kegiatan Tebar Hijab ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian acara memperingati Hari Hijab Sedunia yang diselenggarakan SMP Al-Amjad. Sabtu (10/2) kemarin mereka juga mengadakan talkshow bertajuk Ngeteh (Ngobrol tentang Hijrah) Yuk!. Di situ mereka mengundang psikolog dan aktivis dari Mahabbah Medan sebagai pembicara.

Hari Hijab Sedunia sendiri merupakan sebuah gerakan yang muncul dari inisiatif Nazma Khan, seorang Muslimah di Amerika Serikat (AS), yang muncul akibat banyak diskriminasi terhadap Muslimah berhijab di AS. Kegiatan solidaritas ini kemudian ramai dirayakan oleh Muslimah di negara-negara lain setiap tahunnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pemprov DKI Jakarta akan Tambah Jalur Sepeda

Selasa , 20 Februari 2018, 20:09 WIB