Selasa 28 Nov 2017 20:30 WIB

Masyarakat Kanada Belum Pahami Visi Islam

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Muslim Kanada bersikan lingkungan
Foto: Onislam
Muslim Kanada bersikan lingkungan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Islam dan hukumnya sangat disalahpahami di Kanada dan juga di dunia Barat pada umumnya. Dia menemukan bahwa ketidaktahuan tentang Islam, tak terkecuali di kalangan terpelajar sangat mengejutkan.

Ada banyak kesalahpahaman dan stereotip, tapi orang bisa mengatakan halhal tentang Islam yang tidak dapat mereka katakan tentang kelompok agama atau etnis manapun," ujarnya Khalid Mustafa Medani Pengajar di Departemen Ilmu Politik memahami benar masalah invasi AS ke Irak, fundamentalisme Islam, dan kekacauan politik di Sudan. Dia mengatakan, banyak komunitas Muslim di kota-kota besar, terutama Montreal, menawarkan visi Islam yang berbeda.

Montreal memiliki komunitas Muslim yang substansial sangat penting dalam dua hal. Pertama, ada ketertarikan yang lebih besar pada Islam dalam dunia politik dan publik. Kebijakan kedua, ada keuntungan yang jelas umat Islam dari berbagai belahan dunia memberikan bukti segera dan nyata bahwa Islam mewakili berbagai model praktik sosial, tradisi intelektual, dan pandangan tentang isu-isu lokal dan internasional.

Gagasan keragaman Islam lebih jelas di sini dari pada di beberapa bagian di Amerika Serikat. "Islam adalah entitas monolitik. Hal ini terkait dengan bias populer yang terlihat di beberapa kalangan kebijakan yang berasum si bahwa politik Islam berakar pada permusuhan organik terhadap nilai-nilai Barat dan kepentingannya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement