Rabu , 20 September 2017, 07:08 WIB

Inilah 5 Kemuliaan Bulan Muharam

Red: Irwan Kelana
Republika/Mahmud Muhyidin
Sejumlah warga Kelurahan Taman sari berjalan membawa obor saat malam 1 Muharam di Jalan Ganesha, Kota Bandung, Sabtu (1/10) malam.
Sejumlah warga Kelurahan Taman sari berjalan membawa obor saat malam 1 Muharam di Jalan Ganesha, Kota Bandung, Sabtu (1/10) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Bulan Muharam 1439 H tiba besok, Kamis (21/9). Inilah tanda datangnya tahun Islam, yakni 1439 Hijriyah. Menurut Ustaz A Saefullah MA, ada banyak keistimewaan atau kemuliaan bulan Muharam.

“Paling tidak, ada lima kemuliaan bulan Muharam,” kata Ustaz Saefullah kepada Republika.co.id, Rabu (20/9).

Anggota Tim Asatidz Majelis Az-Zikra yang dipimpin Ustaz Muhammad Arifin Ilham itu menyebutkan, pertama, bulan Muharam adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Kedua, bulan Muharam  termasuk salah satu dari empat bulan yang dijadikan Allah  sebagai bulan haram (QS At-Taubah: 36).

Ketiga,  bulan ini dijadikan awal bulan dari tahun baru Islam. Keempat, pada  bulan ini disunahkan untuk berpuasa.  Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda, "Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Muharam." (HR. Muslim).

Kelima, pada  bulan Muharam  terdapat Hari Asyura'. “Rasulullah SAW menyatakan puasa pada Hari Asyura (10 Muharam) menghapus dosa setahun yang lalu,” kata Saefullah mengutip salah sath hadits Rasulullah SAW.

“Semoga kita dijadikan  hamba Allah  yang dapat meraih keutamaan bulan Muharam dengan melaksanakan ibadah di dalamnya. Aamiin,” tutur Ustaz Saefullah MA.