Selasa 09 May 2017 17:47 WIB

Islam Moderat Harus Jadi Arus Utama di Indonesia

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin
Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ideologi bangsa harus terus menerus ditanamkan ke generasi penerus sejak dini. Termasuk, bagi anak-anak madrasah yang seharusnya mengenal Islam moderat sebagai arus utama di Indones

"Islam moderat harus jadi arus utama lembaga pendidikan," kata Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin, Selasa (9/5).

Kamaruddin merasa, penekanan di lembaga pendidikan dikarenakan itu merupakan ladang perang paling strategis, terutama di Indonesia. Dia mengingatkan, lembaga pendidikan yang sudah dikuasai akan berdampak fundamental, yang bisa terjadi dalam jangka panjang.

Termasuk, lanjut Kamaruddin, di level perguruan-perguruan tinggi yang sudah diberikan instruksi agar melaksanakan upaya efektif dan produktif menangkal potensi itu. Dia menegaskan, upaya yang diperlukan bukan sekadar deklarasi melainkan harus masuk ke fundamental.

"Pesantren, guru-guru agama, harus mengarusutamakan Islam moderat, kesadaran sebagai umat beragama dan warga negara harus berjalan bersamaan," ujar Kamaruddin.

Kamaruddin menambahkan, semua itu, dilakukan sebagai salah satu upaya menekan potensi tumbuhnya radikalisme dan ekstrimisme di Indonesia. Menurut Kamaruddin, keduanya merupakan tantangan di era sekarang, dengan terbukanya ideologi transnasional untuk masuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement