Jumat 08 Dec 2023 16:58 WIB

Kemenag Siapkan Materi Khutbah Penguatan Keberagaman Umat

Kemenag melakukan koordinasi dengan tokoh agama untuk menyampaikan materi moderat.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.
Foto: Republika/Prayogi
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama akan menyiapkan materi khutbah tentang penguatan keberagaman umat untuk diteruskan kepada para pengurus masjid di bawah binaan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) selama peringatan Natal dan Tahun Baru 2024.

 

Baca Juga

"Agar setiap khutbah di masjid menyampaikan tentang kebaikan dan toleransi kepada umat. Harapan kami, pihak keamanan juga menjaga stabilitas sosial antarumat beragama," ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

 

 

Pernyataan Menag Yaqut tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Natal 2023 dan tahun baru 2024. Menag menyampaikan pemerintah akan merayakan Natal Nasional tanggal 27 Desember 2023 di Surabaya sebagaimana diputuskan panitia.

 

Ia menyebut Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi akan bertindak menjadi Ketua Umum Natal Nasional tahun ini. Perihal materi khutbah dan ceramah, Kemenag sudah melakukan koordinasi dengan tokoh-tokoh agama untuk menyampaikan materi moderat dan memberikan pemahaman serta penguatan keberagaman umat.

 

"Perbedaan sebagai takdir bangsa ini kita kuatkan, naskah-naskah khutbah sepanjang Desember ini disampaikan di masjid dan dikoordinasi oleh Kemenag di antaranya melalui BKM yang dibentuk Kemenag yang beranggotakan kurang lebih 104 ribu, sudah kita berikan materi khutbah yang sifatnya moderat," katanya.

 

Terkait koordinasi dengan ormas, Gus Men, panggilan akrab Menag, mengatakan sudah melakukan koordinasi, salah satunya dengan pimpinan Ormas Banser. "Ormas Banser menyiapkan 200 ribu anggota seperti tahun lalu setiap saat bila TNI/Polri membutuhkan bantuan. Ini tradisi Banser di setiap perayaan hari besar agama-agama selalu terlibat dalam pengamanan," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement