Kamis 02 Mar 2017 09:38 WIB

Islam akan Jadi Agama Terbesar di Dunia pada 2070

Rep: Marniati/ Red: Ani Nursalikah
Seorang perempuan Muslim berdoa.
Foto: guardian
Seorang perempuan Muslim berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC -- Pew Research Centre baru saja mengeluarkan hasil penelitian terbarunya. Menurut penelitian tersebut, Islam adalah satu-satunya agama yang tumbuh lebih cepat dari populasi dunia sehingga pada 2070 Islam akan menjadi agama terbesar di dunia.

Pew Research Centre menganalisis adanya perubahan demografis antara agama-agama besar dunia. Tim  menemukan fakta populasi Muslim di dunia akan tumbuh sebesar 73 persen antara 2010 dan 2050. Sedangkan pertumbuhan agama Kristen sebesar 35 persen.

Dilansir dari Telegraph.co.uk, Rabu (1/3), populasi dunia akan tumbuh sebesar 37 persen pada periode yang sama. Jika tingkat pertumbuhan terus melewati 2050, umat Islam akan melebihi jumlah orang Kristen pada 2070.

Hasil penelitan juga mengungkapkan umat Islam akan membentuk 10 persen dari penduduk Eropa. Pertumbuhan populasi umat Muslim ini dikarenakan umat Muslim biasanya memiliki jumlah anak lebih banyak dari umat Kristen.

Penurunan jumlah populasi Kristen juga dikarenakan banyak umat Kristiani yang memutuskan berpindah agama atau memilih menjadi ateis. Ateis, agnostik dan orang-orang non-religius akan menurun dari 16,4 persen dari populasi dunia menjadi 13,2 persen pada 2050. Pertumbuhan golongan ini akan terlihat di Eropa dan Amerika Utara.

Laporan ini juga merangkum temuan dari survei tahun lalu terkait sikap Eropa terhadap Muslim. Mayoritas di Hungaria, Italia, Polandia dan Yunani melihat umat Islam secara negatif. Sedangkan sikap negatif terhadap umat Islam berkurang di Prancis, Jerman, Inggris dan di tempat lain di Eropa Utara dan Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement