Rabu 09 Mar 2016 08:57 WIB

Gerhana dan Bencana Ala Stephen Hawking dan Islam

proses gerhana matahari
Foto:
Umat Islam diimbau Shalat Sunnah Gerhana

Tak beda dengan Hawking, ajaran Islam juga menyatakan gerhana matahari dan itu fenomena alam (sunatullah). Dan Islam mengajak manusia berfikir atas terjadinya peristiwa alam ini.

Banyak ayat di Alquran dan hadits menerangkan bahwa gerhana bukan tanda bencana. Peristiwa ini merupakan fenomena alam (hukum alam/sunatullah) biasa. Di surat Yasin misalnya sangat tegas dinyatakan bahwa bagaimana bumi berputar mengitari matahari.

Sedangkan di surat Al Fushilat juga secara tegas dinyatakan semua fenomena alam itu adalah tanda kekuasan Tuhan. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

 

”Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah kalian sujud (menyembah) matahari  maupun bulan, tapi bersujudlah kepada Allah yang menciptakannya, jika memang kalian beribadah hanya kepada-Nya.” (Fushshilat: 37).

Sabda Nabi Shallallahu ’alaihi wa sallam tentang Gerhana

Dari sahabat al-Mughirah bin Syu’bah, bahwa Nabi Shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

{إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللهِ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ, وَلاَ لَحِيَاتِهِ, فَإِذَا رَأَيْتُمُو هُمَا فَادْ عُوا اللهَ وَصَلُّوا حَتَّى تَنْكَشِفَ}

”Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua ayat (tanda) di antara ayat-ayat Allah. Tidaklah terjadi gerhana matahari dan bulan karena kematian seseorang atau karena hidup (lahirnya) seseorang. Apabila kalian melihat (gerhana) matahari dan bulan, maka berdoalah kepada Allah dan sholatlah hingga tersingkap kembali.” (HR. Al-Bukhari no. 1043, dan Muslim no. 915)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement