Rabu 05 Aug 2015 05:54 WIB
muktamar muhammadiyah

Pemilihan Ketua Umum Muhammadiyah Diyakini Lancar

Muktamirin mengikuti sidang pleno II pada muktamar muhammdiyah ke 47 di Kampus Unismuh Makassar, Sulsel, Selasa (4/8).   (Republika/Prayogi)
Foto: Republika/Prayogi
Muktamirin mengikuti sidang pleno II pada muktamar muhammdiyah ke 47 di Kampus Unismuh Makassar, Sulsel, Selasa (4/8). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID,

MAKASSAR -- Ketua Panitia Pemilihan Muktamar Ke-47 Muhammadiyah Dahlan Rais meyakini proses pemilihan kandidat hingga terpilihnya ketua umum Pimmpinan Pusat (PP) Muhammadiyah periode 2015-2020 akan berjalan lancar dan kondusif.

"Karena proses pemilihan ketua umum dilakukan di antara 13 nama yang terpilih dari 39 nama anggota tetap Muhammadiyah. Ke-13 nama itu melakukan rapat internal untuk memilih satu nama di antaranya menjadi ketua umum," katanya di lokasi Muktamar Ke-47 Muhammadiyah di kampus Universitas Muhammadiyah Makassar, Selasa malam.

Menurut Dahlan, proses pemilihan dari 39 nama menjadi 13 nama akan dilakukan pada Rabu (5/8) pagi hingga sore, sedangkan 13 nama terpilih akan dilaporkan pada secara resmi pada sidang pleno ke-9 pada Jumat (6/8) malam.

Meskipun secara resmi ke-13 nama calon terpilih baru akan diumumkan pada Jumat malam, menurut dia, namun karena penghitungan suaranya dilakukan secara elektronik menggunakan aplikasi di internet sehingga nama-nama 13 calon terpilih itu sudah akan diketahui peserta maupun pers.

Dahlan Rais, yang juga berada di urutan ketiga suara terbanyak dari 39 nama anggota tetap Muhammadiyah mengatakan, setelah panitia pemilihan mengumumkan 13 nama calon terpilih, mereka diberikan waktu untuk melakukan rapat internal memilih satu nama sebagai ketua umum. "Nama ketua umum terpilih tidak otomatis dilantik, tapi akan dimintai persetujuan pada forum muktamar," katanya.

Dahlan menambahkan, setelah mendapat persetujuan dari forum muktamar, baru dilakukan penetapan ketua umum dan pengumuman sekretaris jenderal. Dengan sitem pemilihan tersebut, Dahlan meyakini proses pemilihan akan berjalan lancar dan kondusif.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement