Selasa 20 Jun 2017 15:31 WIB

Masjid Jaigaon, Ruang Bebas Muslim Bhutan Beribadah

masjid di Bhutan
Foto: wikipedia
masjid di Bhutan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Untuk menampung ribuan Muslimin Bhutan terdapat sebuah masjid berdiri, guna memberikan layanan ibadah. Inilah satu-satunya masjid yang dimiliki Muslim Bhutan. Masjid Jaigaon atau Joygaon, demikian namanya.

Jaigaon merupakan nama sebuah kota kecil di Bengal Barat India. Lokasinya berada di perbatasan Bhutan. Di situlah gerbang Buthan berdiri yang membatasi negara tersebut dengan India.

Kendati nama masjid mengacu pada kota di India, Masjid Jaigaon ber lokasi di Kota Phuentsholing, tetangga Kota Jaiagon. Kota di Bhutan Selatan tersebut merupakan salah satu pintu masuk Bhutan dari jalur India.

Karena sebagai administrasi antarnegara, perekonomian di sana maju pesat. Bank Bhutan pun ber ada di kota tersebut. Karena, sebagai lalu lintas perdagangan dan kebudayaan. Phuentsholing banyak menyerap kebudayaan dari India. Pun demikian dengan budaya Islam. Di kota tersebutlah satu-satunya masjid bagi Muslimin Bhutan berdiri.

Tak banyak kabar tentang masjid tersebut. Bagaimana bentuk dan gaya arsitekturnya pun tak pernah dipublikasikan. Adapun tahun pembangunan masjid tersebut diberitakan baru berdiri pada 2008. Dengan adanya masjid tersebut, Muslimin Bhutan pun mendapat ruang bebas untuk menjalankan ibadah mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement