Selasa 21 Feb 2017 19:00 WIB

Masjid Agung Aljir Selesai Dibangun 2020

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Rencana Pembangunan Masjid Agung Aljir
Foto: Alarabiya.net
Rencana Pembangunan Masjid Agung Aljir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai informasi, pemerintah Aljazair sedang dalam proses merenovasi Masjid Agung Aljir. Jauh sebelumnya, rencana perbaikan bangunan tersebut sudah digaungkan sejak 2007. Targetnya, Masjid Agung Aljir akan menjadi salah satu masjid terbesar di dunia, minimal di seluruh Afrika.

Yang cukup fenomenal, proyek ini juga mendirikan menara masjid tertinggi di dunia, yakni mencapai 265 meter. Seperti dilansir The Guardian, Agustus lalu, proyek ini dikerjakan oleh sebuah perusahaan asal Cina. Targetnya, pada 2020 keseluruhan Masjid Agung Aljir selesai dengan menara dan tampilan barunya.

Renovasi ini juga disebut-sebut sebagai kompetisi dengan negara tetangga, yakni Maroko. Masjid Raja Hasan II di Casablanca, Maroko, tercatat sebagai masjid terbesar di seluruh Afrika.

Nantinya, menara Masjid Agung Aljir setinggi 10 lantai itu, akan digunakan sebagai tempat wisata edukatif. Seperti dicatat Quartz Media pada Agustus lalu, pemerintah Aljazair memakai sejumlah perusahaan konstruksi dari penjuru dunia, utamanya Cina.

Struktur menara ini dirancang firma Jerman terkemuka, KSP Jurgen Engel Architekten. Dalam visi pemerintah setempat, Masjid Agung Aljir sejak 2020 nanti akan memiliki madrasah studi Alquran yang lebih luas, dengan dilengkapi asrama yang mampu menampung 300 murid. Selain itu, di sekitar kompleks masjid ini akan diperluas taman. Sebagai sentra bisnis, di sekitarnya akan dibangun restoran halal serta pusat perbelanjaan dan perkantoran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement