Rabu 09 Oct 2024 18:17 WIB

Kemenangan Militer Mesir 6 Oktober Lawan Israel dan Pengakuan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW menyebut tentara Mesir adalah terbaik

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Pasukan keamanan Mesir. (ilustrasi) Rasulullah SAW menyebut tentara Mesir adalah terbaik
Foto:

Diriwayatkan dari Amr bin al-Ash RA, dia berkata bahwa dirinya pernah mendengar Umar bin al-Khattab berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Jika Allah menaklukkan Mesir atas kalian setelahku, maka siapkanlah kalian di dalamnya militer yang banyak, merekalah tentara terbaik di muka bumi. Abu Bakar menimpali, “Mengapa demikian wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab, “Sebab mereka berjuang sampai hari kiamat.” Hadits ini disebutkan Ibnu Abdul Hakam dalam Futuh Mishr dan Ibnu Asakir.

Dalam pernyataan fatwanya melalui portal resmi Dar al-Ifta, Syekh Syauqi 'Allam, mengatakan, hadits tersebut menunjukkan bahwa tentara Mesir merupakan tentara terbaik di muka bumi, karena mereka berada dalam ketenangan hingga hari kiamat. Sebab anjuran kenabian bagi penduduknya, karena mereka memiliki kehormatan, kasih sayang, dan hubungan yang kuat, yang kesemuanya merupakan makna yang sahih dan terbukti dari Nabi SAW.

.

Meskipun tidak ada nubuat spesifik yang merujuk pada Perang Yom Kippur, banyak ulama dan tokoh Muslim yang menafsirkan bahwa peristiwa-peristiwa besar dalam sejarah umat Islam, termasuk kemenangan di medan perang, bisa dilihat sebagai bagian dari janji-janji Allah kepada umat-Nya untuk memberikan kemenangan atas kaum yang tertindas.

Peristiwa ini juga dianggap penting karena menegaskan kembali semangat persatuan dan perjuangan umat Islam melawan penindasan, meski kemenangan ini pada akhirnya lebih bersifat simbolis karena tidak sepenuhnya mengubah keseimbangan kekuatan di Timur Tengah.

Namun, perang ini berhasil mengangkat kembali moral dunia Arab dan memperlihatkan bahwa Israel bisa ditantang secara militer setelah kekalahan telak Arab dalam Perang Enam Hari.

BACA JUGA: Sadis, Jasad Puluhan Ribu Syuhada Menguap Jadi Pertikel tak Kasat Mata Akibat Bom Israel

Adapun nubuat atau prediksi Rasulullah SAW terkait kemenangan umat Islam atas musuh-musuhnya, lebih sering dikaitkan dengan perang akhir zaman (Al-Malhamah Al-Kubra) atau konflik besar antara umat Islam dan pasukan non-Muslim, yang terjadi sebelum datangnya Imam Mahdi dan Nabi Isa AS.

Interpretasi ini memberi harapan kepada umat Islam bahwa dalam perjuangan melawan penindasan, akan ada kemenangan yang dijanjikan selama umat berpegang teguh pada agama Allah SWT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement