Rabu 09 Oct 2024 16:52 WIB

Ketua MUI: Israel Ingin Hancurkan Makkah dan Madinah demi Israel Raya

Pertentangan kepada Israel semakin meluas.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
 Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri Sudarnoto Abdul Hakim
Foto: Dok. Istimewa
Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri Sudarnoto Abdul Hakim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perang nuklir dikhawatirkan terjadi akibat eskalasi kian meningkat di Timur Tengah. Israel dinilai terus melanggar hukum internasional dengan pembantaian yang terus menerus dilakukan baik di jalur Gaza yang meluas hingga ke Lebanon.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Prof Sudarnoto Abdul Hakim mengungkapkan, pertentangan yang terjadi di Timur Tengah semakin meluas dan menjadi sangat serius.

Baca Juga

Ia mengatakan, Israel tidak mematuhi proposal gencatan senjata, bahkan melakukan pelebaran konflik ke Lebanon. "Arah Israel memang bukan sekedar menghancurkan Palestina dan Lebanon Selatan, tapi juga wilayah-wilayah lain seperti Makkah dan Madinah itu menjadi sasaran akhir Israel itu yang disebut Israel Raya (Greater Israel)," kata Sudarnoto Republika, Rabu (9/10/2024). 

"Jadi akar muaranya, sebab-sebab utamanya (terjadi konflik dan perang yang berpotensi mengakibatkan perang nuklir) itu karena kebuntuan hati Israel, akibat Israel menolak upaya penciptaan perdamaian," kata Prof Sudarnoto, tambah dia. 

Sudarnoto mengungkapkan Israel telah gagal menggapai tujuannya yakni menghabisi Hamas. Kegagalan Israel tersebut menunjukkan bahwa Israel sebetulnya sudah tidak memiliki cara yang baik untuk menyelesaikan masalahnya.

Israel justru menunjukkan kekalahannya dalam merespon tekanan-tekanan politik dan diplomasi secara global. Sebab lebih dari dua pertiga negara anggota PBB sudah menerima Palestina. Dalam sidang umum PBB, Palestina juga sudah menjadi salah satu anggota.  

"Fakta-fakta diplomatik juga Israel semakin merasakan tekanan-tekanan global, Israel sudah dikucilkan secara internasional," ujar Sudarnoto.

Sudarnoto mengatakan, para pembela Palestina seperti Hizbullah dan Houthi juga menjadi tekanan tersendiri bagi Israel. Sebetulnya serangan Hizbullah dan Houthi ke Israel agar Israel menghentikan penghancuran dan genosida di Gaza, Palestina. 

Menurut Sudarnoto, kekuatan-kekuatan timur seperti Iran sebagai salah satu negara anggota OKI juga negara lain yang melihat situasi di Palestina semakin memburuk akibat serangan bertubi-tubi Israel. Hal tersebut akan mendorong pada situasi pertentangan-pertentangan yang lebih serius. 

"Jadi orang mengkhawatirkan akan terjadi perang dunia bisa dimengerti karena kalau seperti Iran atau negara-negara lain seperti Rusia dan Cina ikut menjadi bagian dari konflik ini, tentu saja akan mendorong negara-negara Barat, Amerika dan sekutunya akan ikut menjadi bagian juga," jelas dia.

 

Kekhawatiran perang nuklir.. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement