Rabu 09 Oct 2024 21:44 WIB

Menag Luncurkan Logo dan Tema Hari Santri 2024, Ini Filosofinya  

Hari Santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qaumas beserta jajaran dalam peluncuran Logo Hari Santri 2024.
Foto: Dok Istimewa
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qaumas beserta jajaran dalam peluncuran Logo Hari Santri 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (Gus Men) meluncurkan logo peringatan Hari Santri 2024 dengan mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”.

Di saat yang sama, Kemenag juga merilis theme song Hari Santri 2024. Peluncuran logo, tema, dan lagu Hari Santri 2024 ini digelar di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Utara, Rabu (9/10/2024) malam. 

Baca Juga

Peluncuran ini dihadiri ratusan santri se-DKI Jakarta, perwakilan ormas Islam, pengasuh dan santri pesantren, para pejabat dan ASN Kementerian Agama, serta para Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Agama. 

“Pada peringatan Hari Santri tahun ini kita mengusung tema ‘Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan’. Saya mengajak seluruh santri di Indonesia untuk bersama-sama terus berjuang untuk menuju masa depan Indonesia yang lebih baik,” ujar Gus Men peluncuran yang dikemas dalam acara Religion Festival 2024 ini.

Hari Santri diperingati setiap 22 Oktober sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2015. Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

Hari Santri merujuk pada peristiwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. Resolusi ini berisi seruan kewajiban berjihad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan melawan pasukan penjajah, hingga memuncak pada perlawanan 10 November 1945, yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Semangat juang yang dimiliki para santri pada masa itu, menurut Menag Yaqut, masih sangat relevan untuk diteladani pada masa kini.  Bedanya, bila dulu para santri berjuang melawan penjajah, maka  saat ini santri harus mampu menaklukan tantangan zaman. 

“Hari ini kita berkumpul di sini, menyeleraskan kembali hati dan barisan kita untuk berbakti pada negeri. Santri harus dapat memberikan kontribusi bagi masa depan negeri ini,” ucap Gus Men

Filosofi

Logo Hari Santri 2024 tampak seperti dua tali yang saling melilit dengan kombinasi warna hijau pine dan emas. Di bagian atasnya terdapat lingkaran dengan warna merah. Jika diperhatikan, dua tali yang saling melilit tersebut membentuk siluet santri yang sedang berlari. Bila kedua tali dilihat terpisah, akan membentuk huruf “S” dan “i” yang menjadi simbol Santri Indonesia. 

1. Santri berlari dengan mengangkat tangan

Logo Hari Santri 2024 menggambarkan simbol santri berlari dengan mengangkat tangan. Simbol ini melambangkan semangat juang yang tak kenal lelah.

BACA JUGA: Terungkap, Keyakinan Agama di Balik Aksi Brutal Israel di Gaza dan Lebanon Bocor di Media

Gerakan berlari mengindikasikan progress dan dinamika. Sedangkan tangan yang terangkat melambangkan harapan, optimisme, serta tekad untuk mencapai masa depan yang lebih baik. 

Ini juga bisa diartikan sebagai usaha kolektif untuk bangkit bersama, sejalan dengan semangat Hari Santri yang mengedepankan perjuangan, kerja sama, dan tekad yang kuat. 

 

 
2. Bentuk...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement