Rabu 09 Oct 2024 09:11 WIB

Rekrutmen Mata-mata Selama Perang Salib Oleh Salahuddin Al-Ayyubi, Ada Non-Muslim

Intelijen merupakan pilar penting dalam sebuah pemerintahan

Ilustrasi Perang Salib. Intelijen merupakan pilar penting dalam sebuah pemerintahan
Foto: Screenshoot
Ilustrasi Perang Salib. Intelijen merupakan pilar penting dalam sebuah pemerintahan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembentukan aparat pengumpul informasi adalah hal yang logis dalam sejarah negara Islam, yang berada di garis perbatasan sepanjang sejarahnya, karena persaingan antar negara dan para pesaing globalnya tidak berhenti sejenak, dan upaya-upaya untuk menembusnya dari dalam dengan para agen dan mata-mata tidak pernah berhenti, sehingga perlu bagi negara-negara Islam untuk melewati jalur-jalur yang pernah dilewati oleh kerajaan-kerajaan dalam kegelapan intelijen.

Negara-negara Islam perlu menempuh jalur-jalur intelijen kerajaan-kerajaan yang gelap, karena “mentalitas yang dalam” dalam mengelola urusan pemerintahan, terutama karena rezim-rezim mereka mencapai titik maksimum yang dapat diamati dari seni lini misi yang sangat samar sekaligus samar ini.

Baca Juga

Diwan al-Khobar (Direktorat Jenderal Intelijen) sangat penting dalam Negara Islam karena berat dan sensitifnya tugas-tugasnya, seperti halnya badan intelijen saat ini.

Oleh karena itu, beberapa orang yang bertanggung jawab atas aparat ini dijuluki sebagai “bahaya negara.”

Salah satu manifestasi pentingnya aparat intelijen di kalangan para sultan adalah mereka hanya memberikannya kepada orang-orang yang berwawasan dan memiliki kepercayaan diri, sehingga kita menemukan di antara mereka yang mengambil alih lembaga ini adalah para sarjana dan sastrawan terkenal, dan kadang-kadang mereka bahkan menjadikannya turun-temurun dalam keluarga mereka untuk melanggengkan tradisi pekerjaan aparat yang sensitif ini demi keamanan negara dan masyarakat.

Jika kita mencoba mengidentifikasi tugas-tugas yang dilakukan oleh Diwan al-Khabar selama berabad-abad, kita akan menemukannya terutama dalam empat arah.

Yang pertama, menindaklanjuti berita-berita penting dan kondisi umum di wilayah-wilayah negara. Kedua, memantau para pejabat tinggi untuk memastikan integritas mereka.

Ketiga, mengejar lawan, kritikus, pengunjuk rasa, dan calon pemberontak. Keempat, mengumpulkan berita tentang musuh eksternal.

Bahkan sejarawan Imam ath-Thabari dalam kitab Tarikh-nya, menukilkan pernyataan pendiri Dinasti Abbasiyah, Abu Ja'far al-Manshur ( w 775 M), tentang pentingnya intelijen.

"Tidak ada yang lebih aku perlukan kecuali keberadaan empat orang ini di pintuku. Mereka adalah pilar-pilar raja, dan raja tidak layak memerintah tanpa mereka.

Yang pertama adalah seorang hakim (=Menteri Kehakiman) yang tidak menyalahkan Tuhan, yang kedua adalah seorang polisi (=Menteri Dalam Negeri) yang memberikan keadilan kepada yang lemah dari yang kuat, yang ketiga adalah seorang pemungut pajak (=Menteri Keuangan) yang menyelidiki dan tidak menindas rakyat, dan yang keempat adalah seorang kepala pos (=Menteri Intelijen) yang tidak menindas rakyat. Seorang kepala pos (= Direktur intelijen) menulis berita tentang orang-orang ini tentang kesehatan!"

Sejarawan Abu Syamah al-Maqdisi (wafat 665 H/1267 M) menceritakan kepada kita kisah tentang dinas intelijen Salahuddin (wafat 589 H/1193 M) merekrut seorang wanita Tentara Salibterkemuka, yaitu istri Raja Tentara Salib, Bohemond III dari Antiokhia (wafat 598 H/1201 M).

Untuk mendapatkan informasi berbahaya dari seorang petinggi Tentara Salib, Sultan ini, yang dikenal dengan religiusitasnya yang mendalam, tidak ragu-ragu merekrut seorang wanita Tentara Salib, dan bahkan menawarkan hadiah-hadiah yang berharga dan menghormatinya dengan membebaskan tahanan dari keluarganya untuk meneruskan bantuan intelijennya kepada negaranya.

BACA JUGA: Sadis, Jasad Puluhan Ribu Syuhada Menguap Jadi Pertikel tak Kasat Mata Akibat Bom Israel

Abu Syamah berkata dalam Kitab al-Rawdhatain, “Wanita Pangeran (= Emir) Antiokhia, yang dikenal sebagai Dam (= Nyonya) 'Sibylla' (Sibylla meninggal setelah tahun 584 H / 1188 M), adalah seorang pengintai bagi Sultan (Shalahuddin) terhadap musuh, menasihatinya dan memberitahukan kepadanya tentang rahasia-rahasia mereka, dan Sultan menghormatinya untuk hal ini dan memberinya hadiah yang paling berharga, ketika dia menaklukkan benteng Barziyah [dekat Antiokhia](pada 584 H / 1188 M) dan kelompok ini (= saudara perempuan Sabeel dan kerabatnya) ditangkap olehnya dan tangan kaum Muslimin terpisah dari mereka, Sultan mengikuti mereka dan menyelamatkan mereka dari tawanan, memberi mereka dan mengirim mereka ke Antiokhia untuk wanita Pangeran, dan [Sabeel] berterima kasih kepadanya untuk itu dan melanjutkan kasih sayang dan manfaatnya kepada kaum Muslimin”!

Setengah abad kemudian..

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement