Selasa 08 Oct 2024 05:20 WIB

Rekam Jejak Kejahatan Kaum Yahudi: Berkhianat dari Nabi ke Nabi

Kaum Yahudi bahkan mengkhianati Nabi Musa yang memimpin mereka.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Serangan terhadap umat Kristen meningkat selama akhir pekan di awal hari raya Yahudi Sukkot, ketika puluhan ribu pemukim ilegal Israel berbaris memasuki Yerusalem.
Foto:

Pada zaman Nabi Muhammad SAW, kaum Yahudi juga berkhianat dan makar. Dikisahkan, dua suku Yahudi yakni Bani Nadhir dan Bani Quraizhah melancarkan bantuan untuk pasukan kafir Quraisy, padahal kedua suku Yahudi itu telah bersumpah di hadapan Nabi Muhammad SAW untuk sama-sama melindungi kota Madinah sebagaimana komitmen Piagam Madinah. Jauhnya jarak tempat tinggal mereka dari pusat Kota Madinah dimanfaatkan untuk diam-diam menyokong serangan musuh Islam.

Bani Nadhir, yang menetap sekira 2 mil dari Madinah, berkonspirasi diam-diam untuk membuat persenjataan berupa ketapel besar. Dengan alat itu, harapannya kafir Quraisy dapat melontarkan batu besar ke arah Nabawi. Namun, eksekusi serangan jarak jauh itu berujung kegagalan.

Bani Quraizhah bahkan secara terang-terangan mengkhianati Piagam Madinah dalam momen Perang Ahzab. Sama seperti saudara Yahudinya, suku ini bertempat tinggal di pinggiran kota. Seperti diceritakan Muhammad Husain Haekal dalam buku Hayat Muhammad, masyarakat Quraizhah dengan penuh semangat turun dari benteng-benteng mereka. Orang-orang Yahudi ini lalu memasuki rumah-rumah Muslimin Madinah terdekat dengan maksud mau menakut-nakuti penduduk.

Kaum Muslimin yang tinggal dekat benteng-benteng Bani Quraizhah bukannya tanpa perlawanan. Seorang sahabat yang juga bibi Nabi Muhammad SAW, Shafiyyah binti Abdul Muthalib, berhasil membunuh seorang mata-mata Yahudi Quraizhah yang berkeliling di benteng milik Hasan bin Tsabit, penyair Rasulullah SAW. Adapun isi benteng tersebut umumnya adalah kaum perempuan dan anak-anak. Ia merasa harus melindungi keselamatan mereka, dalam situasi di mana para lelaki Muslim dewasa sedang pergi berperang.

photo
Infografis Yahudi (ilustrasi) - (Dok Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement