Selasa 08 Oct 2024 09:02 WIB

Apa yang Didapat dari 1 Tahun Badai Al-Aqsa dan Apakah Sepadan? Ini Penjelasan Hamas

Badai Al-Aqsa memiliki dampak signifikan dalam perjuangan Palestina

Warga Palestina melihat kehancuran pasca serangan Israel terhadap bangunan tempat tinggal dan masjid di Rafah, Jalur Gaza, Kamis, 22 Februari 2024. Data Pusat Satelit PBB (UNOSAT), operasi militer Israel di Jalur Gaza merusak atau menghancurkan hampir 66 persen dari total bangunan di wilayah itu dalam tempo setahun.
Foto: AP Photo/Fatima Shbair
Warga Palestina melihat kehancuran pasca serangan Israel terhadap bangunan tempat tinggal dan masjid di Rafah, Jalur Gaza, Kamis, 22 Februari 2024. Data Pusat Satelit PBB (UNOSAT), operasi militer Israel di Jalur Gaza merusak atau menghancurkan hampir 66 persen dari total bangunan di wilayah itu dalam tempo setahun.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA-Bassem Naim, anggota Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), mengatakan bahwa pertempuran Badai Al-Aqsa bukan atas nama partai politik atau gerakan perlawanan, juga bukan atas nama Gaza atau pencabutan pengepungan, melainkan atas nama rakyat Palestina untuk mempertahankan hak-hak mereka yang tidak dapat dicabut dan untuk mencapai kemerdekaan dan penentuan nasib sendiri.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Al Jazeera Net, Naim menambahkan bahwa selama 76 tahun, tidak ada bulan atau tahun tanpa pembantaian atau kejahatan yang dilakukan oleh Israel, tidak hanya terhadap Palestina, tetapi juga terhadap Mesir, Libya, Tunisia, Suriah, Irak, dan Yaman.

Baca Juga

Dia juga menekankan bahwa setelah satu tahun perang, perlawanan menggagalkan rencana untuk mengintegrasikan entitas Israel ke dalam wilayah tersebut, menormalkan hubungan dan merekayasa ulang wilayah tersebut untuk melayani entitas ini, kelanjutannya, dan kendalinya atas wilayah dan sumber dayanya, melalui Abrahamic Accord

Pada peringatan satu tahun dimulainya agresi Israel ke Jalur Gaza pada 7 Oktober 2023, seorang anggota biro politik Hamas menunjukkan bahwa apa yang terjadi pada Badai Al-Aqsa bukanlah hasil dari kemarahan atau keputusasaan sesaat, karena kita memiliki “ratusan kilometer terowongan yang tidak dipersiapkan dalam satu atau dua pekan. “Ini sudah 20 tahun dari persiapan manufaktur militer dan persiapan mujahidin dan perlawanan,” kata dia.

Naim juga menyinggung eskalasi saat ini antara Israel dan Hizbullah di Lebanon selatan, dengan mengatakan bahwa banyaknya front menunjukkan kelemahan strategi pendudukan Israel dan menunjukkan ukuran ruang manuver di tingkat manusia dan geografis secara kualitatif dan kuantitatif, yang tidak menguntungkannya dan akan melayani pertempuran secara keseluruhan untuk kepentingan rakyat Palestina.

Berikut ini dua pertanyaan sekaligus jawaban wawancara Aljazeera dengan Naim yang dikutip Republika.co.id:

Aljazeera: Satu tahun setelah perang Apa keuntungan yang diperoleh Perlawanan dari Operasi Badai Al-Aqsa?

Siapapun yang melihat tahun lalu secara umum akan melihat dua pemandangan:

BACA JUGA: Sadis, Jasad Puluhan Ribu Syuhada Menguap Jadi Pertikel tak Kasat Mata Akibat Bom Israel

Adegan pertama adalah adegan kehendak Palestina untuk mempertahankan hak-haknya, adegan kepahlawanan, kesabaran, ketabahan, berpegang teguh pada tanah dan hak-hak, dan ketabahan yang ditawarkan oleh rakyat kita sendiri.

Adegan kedua adalah adegan penderitaan yang diakibatkan oleh agresi Israel yang terang-terangan, biadab, dan brutal terhadap rakyat kami, yang sayangnya dengan partisipasi langsung internasional yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan negara-negara besar Eropa.

Dengan dua adegan ini...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement