Jumat 27 Sep 2024 15:00 WIB

UIN Datokarama Palu Ajak Mahasiswa Segera Daftar Beasiswa KIP

Beasiswa KIP mudahkan mahasiswa UIN Datokrama selesaikan studi.

Beasiswa (ilustrasi)
Foto: PxHere
Beasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah mengajak mahasiswa di kampus tersebut segera mendaftar dan mengurus dokumen administrasi yang dipersyaratkan beasiswa program Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Baca Juga

"Program ini menyasar mahasiswa angkatan 2024, khususnya mereka yang ekonominya kurang mampu dan berprestasi," kata Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UIN Datokarama Faisal Attamimi di Palu, Jumat.

Ia mengemukakan beasiswa KIP bentuk komitmen perguruan tinggi itu menyukseskan program pemerintah di bidang pendidikan dan pembangunan manusia.

Tim pengelola program beasiswa KIP UIN Datokarama telah menerbitkan pengumuman pembukaan pendaftaran, untuk diketahui oleh seluruh mahasiswa baru.

"Pendaftaran dimulai 27 September sampai dengan 4 Oktober mendatang," ucapnya.

Ketua tim pengelola beasiswa KIP UIN Datokarama itu menjelaskan pihaknya menyediakan ruangan khusus di gedung rektorat sebagai tempat pelayanan mahasiswa, guna memudahkan proses pendaftaran.

Selain mengurus berkas secara manual, mahasiswa juga dapat pengakses link pendaftaran yang telah disediakan pihak kampus.

"Setelah mendaftar secara daring melalui google form, berkas manual harus disetor ke panitia seleksi di gedung rektorat," ujar Faisal.

Sebelum mendaftar, katanya, mahasiswa baru patut membaca secara seksama pengumuman yang dilengkapi dengan persyaratan, yang telah diterbitkan oleh UIN Datokarama.

Ia menuturkan beasiswa KIP sebelumnya bernama Bidikmisi yang merupakan program nasional pemerintah guna membantu meringankan beban generasi muda dari kalangan ekonomi menengah ke bawah namun berprestasi, supaya dapat mengenyam pendidikan perguruan tinggi jenjang strata satu (S1).

"UIN Datokarama menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang dipercayakan oleh pemerintah, untuk menyelenggarakan program beasiswa KIP, yang mana tahun ini pemerintah memberikan kuota kepada kami sebanyak 300 mahasiswa baru," kata dia.

Dari program ini, setiap mahasiswa yang memenuhi syarat untuk menjadi penerima manfaat program KIP akan mendapat bantuan beasiswa senilai Rp6,6 juta/orang/semester selama delapan semester atau selama empat tahun dalam jenjang (S1)

"Setiap orang yang memenuhi syarat menerima bantuan dana pendidikan KIP kuliah senilai Rp52 juta lebih selama delapan semester," kata dia lagi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement