Rabu 25 Sep 2024 11:31 WIB

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Para Penghuni Kubur untuk Menunggu Hari Kiamat?

Waktu yang berlangsung di dunia berbeda dengan waktu di sisi Allah.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Warga Palestina membawa jenazah di pemakaman belasan yang syahid dalam serangan Israel, di Rumah Sakit Martir Al-Aqsa di Deir al-Balah, Jalur Gaza, Sabtu, 17 Agustus 2024.
Foto:

Dalam ayat tersebut nampak adanya perbedaan dalam hal hitungan waktu antara kehidupan dunia dengan setelah orang meninggal, baik di kehidupan alam barzakh maupun di akhirat. Di kehidupan dunia yang rata-rata umur manusia mencapai puluhan tahun hingga lebih dari seratus tahun ternyata oleh Allah dalam ayat tersebut dianggap hanya beberapa saat saja. Salah satu alasannya adalah seperti yang diisyaratkan dalam Surat Al-Hajj.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَيَسْتَعْجِلُوْنَكَ بِالْعَذَابِ وَلَنْ يُّخْلِفَ اللّٰهُ وَعْدَهٗۗ وَاِنَّ يَوْمًا عِنْدَ رَبِّكَ كَاَلْفِ سَنَةٍ مِّمَّا تَعُدُّوْنَ 

Mereka (kaum musyrik Makkah) meminta kepadamu (Nabi Muhammad) agar azab itu disegerakan, padahal Allah tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu. (QS Al-Hajj Ayat 47)

Sehari di sisi Allah ternyata seperti seribu tahun dalam hitungan manusia. Maka wajar kalau orang hidup di dunia selama beberapa puluh tahun jika dibandingkan dengan waktu di sisi Allah sebenarnya ia baru hidup beberapa saat saja.

Dalam ayat yang lain ditemukan informasi secara lebih khusus tentang berapa lama orang tinggal di alam kubur. Di antara ayat tersebut adalah Surat ar-Rum Ayat 55.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَيَوْمَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ يُقْسِمُ الْمُجْرِمُوْنَ ەۙ مَا لَبِثُوْا غَيْرَ سَاعَةٍ ۗ كَذٰلِكَ كَانُوْا يُؤْفَكُوْنَ

Pada hari (ketika) terjadi kiamat, para pendurhaka (kafir) bersumpah bahwa mereka berdiam (dalam kubur) hanya sesaat (saja). Begitulah dahulu mereka dipalingkan (dari kebenaran). (QS Ar-Rum Ayat 55)

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

فَاصْبِرْ كَمَا صَبَرَ اُولُوا الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ وَلَا تَسْتَعْجِلْ لَّهُمْ ۗ كَاَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوْعَدُوْنَۙ  لَمْ يَلْبَثُوْٓا اِلَّا سَاعَةً مِّنْ نَّهَارٍ ۗ بَلٰغٌ ۚفَهَلْ يُهْلَكُ اِلَّا الْقَوْمُ الْفٰسِقُوْنَ 

. . . . . .  Pada hari ketika melihat azab yang dijanjikan, seolah-olah mereka hanya tinggal (di dunia) sesaat saja pada siang hari. . . . . . (QS Al-Ahqaf Ayat 35)

photo
Infografis Tujuh Golongan Manusia tak Dipandang Allah di Hari Kiamat - (Dok Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement