Rabu 18 Sep 2024 09:48 WIB

Mengenal Pager Maut Brand Taiwan yang Ditanami Bom oleh Israel

Konfigurasi baterai standar pager dinilai tidak mungkin menjadi penyebab ledakan.

Penampakan salah satu pager yang meledak di Lebanon akibat sabotase Israel pada Selasa (17/9/2024).
Foto: X
Penampakan salah satu pager yang meledak di Lebanon akibat sabotase Israel pada Selasa (17/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Lebanon diguncang serangkaian serangan teror bom pager mematikan dari Israel yang dilakukan pada Selasa (17/9/2024). Perangkat komunikasi elektronik buatan Apollo Pagers, sebuah perusahaan Taiwan yang didirikan pada tahun 1980-an, menjadi media untuk melukai dan membunuh setidaknya sembilan orang di Lebanon.

Alphanumeric Pager (AP-900) yang diproduksi oleh Gold Apollo Co, Ltd telah diidentifikasi sebagai salah satu perangkat yang juga melukai 2.750 orang di Lebanon, termasuk petugas medis, tulis TRT World. 

Baca Juga

Berbagai spekulasi muncul seputar bagaimana perangkat tersebut dapat meledak dan menyebabkan korban jiwa yang begitu banyak, terutama pager seperti AP-900 yang beroperasi dengan baterai alkaline AAA.

Investigasi awal menunjukkan bahwa konfigurasi baterai standar pager dinilai tidak mungkin menjadi penyebab ledakan. Sebaliknya, pihak berwenang condong ke arah kemungkinan bahwa perangkat tersebut sengaja dipasangi bahan peledak.

Jika bahan peledak dipasang di dalam perangkat sebelum sampai ke tangan anggota Hizbullah, maka dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan ketika diledakkan oleh sinyal.

photo
Penyeranta alias pager merek Gold Apollo model AB924. - (Gold Apollo)

Mengenal AP-900

 

AP-900, yang populer pada tahun 1990-an dan awal 2000-an, dirancang untuk menerima dan menampilkan pesan teks, menjadikannya alat komunikasi penting dalam berbagai pengaturan profesional dan darurat.

Terlepas dari kesederhanaannya, AP-900 beroperasi pada sistem yang canggih yang memastikan pesan dikirimkan dengan cepat dan akurat. Transmisi pesan dimulai dari terminal paging pusat, yang mengkodekan pesan ke dalam format sinyal seperti FLEX atau POCSAG.

Sinyal ini dikirim melalui pita frekuensi tertentu. Sementara itu, pager AP-900, yang memindai sinyal yang sesuai dengan pengenal uniknya, menerima sinyal melalui antena. Pager kemudian menerjemahkan dan menampilkan pesan pada layarnya, memperingatkan pengguna dengan getaran, suara, atau keduanya.

Selain itu, AP-900 dapat menyimpan beberapa pesan untuk ditinjau kemudian. Apakah AP-900 dapat diretas? Secara teoritis, ya, AP-900 dapat diretas, tetapi memerlukan pengetahuan dan peralatan khusus, demikian informasi dari sumber terbuka.

Metode yang paling mudah untuk membobol adalah dengan mencegat dan memecahkan kode sinyal radio. Karena pager menerima pesan melalui frekuensi radio, sinyal-sinyal ini dapat dicegat oleh siapa saja yang memiliki peralatan yang tepat.

Meskipun pesan dikodekan, pesan biasanya tidak dienkripsi, yang berarti pesan yang dicegat dapat dengan mudah diterjemahkan. Serangan yang lebih canggih dapat melibatkan kompromi infrastruktur pengiriman pesan atau secara fisik merusak perangkat selama distribusi.

Meskipun pager alfanumerik AP-900 merupakan alat komunikasi yang andal dan efisien, namun bukan berarti tidak memiliki potensi kerentanan. Pengguna, terutama mereka yang memiliki peran sensitif, harus menyadari risiko dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat, seperti menggunakan saluran komunikasi yang aman dan memantau aktivitas yang tidak biasa.

Seiring dengan berkembangnya situasi, para ahli memfokuskan upaya mereka untuk mengungkap sepenuhnya kecurangan yang terjadi dan implikasinya terhadap situasi keamanan yang sedang berlangsung di wilayah tersebut.

Ditanami bom..

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement