Senin 16 Sep 2024 21:47 WIB

Tak Terpengaruh Hukum Bidah, Muslim Turki Rayakan Tradisi Maulid Nabi SAW Serentak

Peringatan Maulid Nabi SAW rutin digelar di Turki

Jamaah melakukan sholat di Turki (Ilustrasi). Peringatan Maulid Nabi SAW rutin digelar di Turki
Foto:

Di bagian tenggara Turki, kota-kota seperti Şanlıurfa, Kahramanmaraş, Malatya, Adıyaman, Kilis, Siirt, Şırnak, dan Batman melakukan perayaan yang menyentuh hati. Dataran Tinggi Balıklıgöl dan Masjid Dergah di Şanlıurfa dikunjungi ribuan orang untuk berdoa dan berefleksi.

Masjid Abdulhamithan di Kahramanmaraş dan Masjid Kernek Karagözlüler di Malatya menawarkan pembacaan Alquran, pembacaan Maulid, dan suguhan tradisional.

Distrik Samsat di Adıyaman, Masjid Hacı Mehmet Fahrettin Ballıoğlu di Kilis, dan masjid-masjid di pusat kota Siirt juga mengadakan pembacaan ayat suci Alquran dan doa-doa khusus, termasuk bagi mereka yang terkena dampak konflik.

BACA JUGA: Benarkah Sahabat Nabi SAW, Ibnu Abbas, Bolehkan Kawin Kontrak atau Nikah Mutah

Di barat laut Türkiye, Kocaeli dan Düzce juga menjadi tuan rumah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Masjid Mehmet Ali Paşa di Kocaeli merupakan pusat pembacaan Alquran dan salat malam. Masjid Büyük di Düzce menjadi tempat berkumpulnya para jemaah untuk menikmati doa dan persembahan tradisional seperti pilav dan ayran.

Van Türkiye Timur merayakannya di Masjid Ulu dengan pembacaan Alquran, pembacaan Maulid dan lagu-lagu pujian. Pemimpin agama setempat menyoroti pentingnya malam itu dalam menghormati Nabi Muhammad SAW. Demikian pula, Elazığ menjadi tuan rumah Mevlid Kandili di Masjid Izzetpaşa, yang menampilkan pembacaan Alquran dan nyanyian tradisional.

Sumber: dailysabah 

photo
Infografis Keistimewaan Rasulullah - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement