Senin 16 Sep 2024 07:05 WIB
Maulid Nabi Muhammad

Masjid-Masjid di Seluruh Turki Gelar Peringatan Maulid Nabi

Umat Muslim Turki membaca Alquran dan syair untuk Nabi Muhammad SAW.

Seorang pengunjung berfoto saat berkunjung ke bekas gereja Bizantium yang resmi dibuka sebagai masjid, di Istanbul, Turki, (6/5/2024). Masjid-Masjid di Seluruh Turki Gelar Peringatan Maulid Nabi
Foto:

Masjid Ayasofya-i Kebir menampilkan mahya dengan tulisan "La Ilaha Illallah" yang menyala untuk menghormati peristiwa tersebut. Acara diakhiri dengan sholat Isya di tempat-tempat bersejarah ini.

Beralih ke wilayah barat Turki, Bartın, di sebelah barat wilayah Laut Hitam, melihat warganya berkumpul di masjid-masjid seperti Masjid Şadırvan untuk membaca Alquran, berdoa, dan berkumpul bersama. Makanan ringan disediakan setelah berdoa, yang menumbuhkan rasa kebersamaan.

Di wilayah barat laut Turki, Kocaeli dan Düzce juga menyelenggarakan perayaan Maulid Nabi. Masjid Mehmet Ali Paşa di Kocaeli menjadi pusat pembacaan Al-Quran dan sholat Isya. Masjid Büyük di Düzce berfungsi sebagai tempat berkumpul di mana para jamaah menikmati doa dan persembahan tradisional seperti pilav dan ayran.

Van di wilayah timur Turki merayakan Maulid di Masjid Ulu dengan pembacaan Alquran, pembacaan Maulid, dan himne. Pemimpin agama setempat menyoroti pentingnya malam itu dalam menghormati Nabi Muhammad SAW. Demikian pula, Elazığ menjadi tuan rumah bagi Mevlid Kandili di Masjid Izzetpaşa, yang menampilkan pembacaan Alquran dan nyanyian pujian tradisional.

Di tenggara Turki, kota-kota seperti Şanlıurfa, Kahramanmaraş, Malatya, Adıyaman, Kilis, Siirt, Şırnak dan Batman terlibat dalam perayaan yang menyentuh hati. Dataran Tinggi Balıklıgöl dan Masjid Dergah di Şanlıurfa dikunjungi ribuan orang untuk berdoa dan merenung.

Masjid Abdulhamithan di Kahramanmaraş dan Masjid Kernek Karagözlüler di Malatya menawarkan pembacaan Alquran, pembacaan Maulid, dan suguhan tradisional. Distrik Samsat Adıyaman, Masjid Hacı Mehmet Fahrettin Ballıoğlu di Kilis, dan masjid-masjid pusat Siirt juga menampilkan pembacaan Alquran dan doa-doa khusus, termasuk untuk mereka yang terkena dampak konflik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement