Senin 16 Sep 2024 08:05 WIB
Maulid Nabi Muhammad

Rahasia di Balik Senyuman Saudah: Istri Nabi Muhammad yang Ceria

Di antara istri-istri Nabi Muhammad, Saudah mungkin yang paling jarang disebutkan.

Ilustrasi Muslimah
Foto:

Saudah tidak pernah menganggap dirinya terlalu serius

Pada suatu kesempatan, Aisha dan Hafsa mengetahui ketakutan Saudah yang besar terhadap Dajjal, mulai berbicara tentangnya di hadapannya.

Ia begitu takut hingga ia segera berlari ke sebuah ruangan gelap yang penuh sarang laba-laba untuk bersembunyi dari monster itu. Ketika Nabi Muhammad masuk, beliau mendapati keduanya menikmati lelucon itu.

Beliau bertanya kepada mereka apa yang begitu lucu. Setelah diberi tahu apa yang telah terjadi, dia memanggil Saudah untuk keluar karena tidak ada monster di sekitarnya. Dia keluar sambil tertawa malu pada dirinya sendiri. (Ghadanfar)

Saudah sangat murah hati

Saudah suka bersedekah. Setelah Nabi SAW meninggal, Saudah kembali menjadi janda dan telah mencapai usia lanjut. Para sahabat Nabi mengambil tanggung jawab untuk merawat ibu orang-orang beriman. Namun, Saudah berusaha merawat orang-orang yang dianggapnya lebih membutuhkan daripada dirinya.

Saudah juga murah hati dalam hal kebutuhan emosional orang lain. Saudah yang peka terhadap kebutuhan orang lain, menyerahkan waktunya bersama Nabi SAW kepada Aisyah karena dia tahu cinta mereka yang besar dan karena dia telah mencapai usia lanjut.

“Saudah binti Zam’a menyerahkan (gilirannya) siang dan malam kepada Aisyah, istri Nabi, untuk mencari keridhaan Rasulullah (dengan tindakan itu).” (Bukhari)

Aisyah berkata tentang Saudah, “tidak pernah kutemukan wanita yang lebih mencintaiku daripada Saudah binti Zam’a. Aku berharap bisa menjadi seperti dia”. (Muslim)

Inilah contoh wanita yang baik, lucu, dan murah hati yang dapat kita semua teladani dan upayakan untuk menjadi seperti dia. Dia memegang peran penting dalam komunitas Muslim awal, dan dia termasuk yang terbaik di antara generasi umat manusia terbaik.

Sumber: About Islam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement