Selasa 10 Sep 2024 21:09 WIB

Keragaman Mukjizat Nabi Muhammad

Bulan Rabiul Awal adalah bulan kelahiran Nabi Muhammad.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: republika
Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bulan Rabiul Awal adalah bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Pada bulan ini, umar Islam banyak mengungkap kembali kehidupan Rasulullah, termasuk mukjizat yang diberikan Allah kepada beliau. 

Ulama asal Turki, almarhum Badiuzzaman Said Nursi mengungkapkan, mukjizat Rasulullah SAW sendiri sangat banyak dan beragam. Hal itu karena kerasulan beliau bersifat universal dan komprehensif, mencakup seluruh alam.

Baca Juga

"Karenanya, mukjizat yang menjadi saksi atas beliau tampak pada sebagian besar jenis makhluk. Hal itu akan kami jelaskan dengan perumpamaan," kata Said Nursi dikutip dari buku Al-Maktubat halaman 157. 

Misalkan, kata dia, seorang duta istimewa yang diutus penguasa besar datang untuk mengunjungi sebuah kota yang dihuni oleh banyak kaum dengan membawa berbagai macam hadiah berharga untuk mereka, sudah pasti setiap kelompok dari mereka akan mengirim utusan untuk menyambutnya atas nama kelompok mereka. 

Demikian pula, kata Nursi, ketika duta agung Allah Yang Maha abadi (Muhammad SAW) membuat alam ini mulia dan bercahaya lewat kedatangan beliau di mana beliau diutus oleh Tuhan semesta alam ke seluruh penduduk bumi dengan membawa berbagai macam hadiah maknawi dan hakikat yang cemerlang terkait dengan seluruh hakikat alam, tentu setiap kelompok mengirim utusan untuk menyambut kedatangan beliau serta mengucapkan selamat lewat lisannya masing-masing. 

"Ia mempersembahkan mukjizat kelompoknya ke hadapan beliau sebagai bentuk pembenaran dan sambutan atas kenabian beliau, mulai dari batu, air, pohon, manusia, hingga bulan, matahari, dan bintang-gemintang. Seolah-olah lewat kondisinya masing-masing berkata, “Selamat datang kami ucapkan kepada Anda!," jelas Nursi. 

Dia menambahkan, pembahasan tentang seluruh mukjizat tersebut membutuhkan berjilid-jilid buku karena sangat banyak dan beragam. Sejumlah ulama telah menuliskan beberapa jilid besar tentang rincian bukti kenabian dan mukjizat Nabi SAW. 

"Karena itu, di sini kami hanya ingin memberikan sejumlah petunjuk global tentang seluruh jenis mukjizat yang kejadiannya bersifat pasti dan mutawatir secara maknawi," kata Nursi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement