Jumat 06 Sep 2024 14:55 WIB

Apa Saja Amalan yang Dianjurkan Saat Rabiul Awal? Tiga Hal Ini Buktikan Cinta kepada Nabi

Ada banyak pahala bagi yang senang membaca shalawat untuk Rasulullah.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
ILUSTRASI Rasulullah SAW.
Foto:

Bulan Rabiul Awal merupakan salah satu bulan yang juga memiliki berbagai peristiwa penting dalam sejarah Islam. Selain peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW, berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Rabiul Awal:

1.Hijrah ke Madinah

Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dari Makkah ke Madinah adalah salah satu peristiwa paling penting dalam sejarah Islam. Ini terjadi pada bulan Rabiul Awal tahun 622 Masehi. Nabi masuk ke ke kota Madinah tepatnya pada Senin 22 Rabiul Awal SH 1 (4 Oktober 622 M).

2. Peperangan Penting

Banyak peperangan yang terjadi pada bulan Rabiul Awal antara tentara Islam dan tentara kafir. Di antara peperangan yang terjadi di bulan Rabiul Awal adalah peperangan Safwan (Badar pertama), Bawat, Zi Amar (Ghatfan), Bani An-Nadhir, Daumatul Jandal dan peperangan Bani Lahyan.

photo
Penjelasan tentang cobaan yang dialami Nabi Muhammad yang sangat berat - (Republika)

3. Diangkatnya Nabi Muhammad sebagai Rasul

Di bulan Rabiul Awal inilah Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul. Saat itu, Nabi Muhammad SAW berumur 40 tahun. Bertepatan dengan hal itu, maka dimulailah dakwah Islam secara terang-terangan.

4. Rasulullah Wafat

Rasulullah SAW juga wafat pada bulan Rabiul Awal, tepatnya pada Senin 12 Rabiul Awal 11 Hijriyah atau bertepatan dengan 8 Juni 632 M. Rasulullah SAW wafat di rumah istrinya Aisyah dan dimakamkan di Madinah al-Munawwarah.

5. Abu Bakar Menjadi Khalifah

Pada hari Rasulullah wafat, para sahabat selain sedih juga khawatir mengenai kekosongan pemerintahan umat Islam. Maka, setelah melalui musyawarah mufakat para sahabat setuju untuk mengangkat Abu Bakar sebagai khalifah menggantikan posisi Rasulullah SAW sebagai kepala pemerintahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement