Jumat 06 Sep 2024 10:46 WIB

Sikap Netanyahu ini Biang Kerok Kegagalan Perdamaian di Gaza Palestina

Palestina akan terus mempertahankan kawasannya.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara dengan Presiden Donald Trump sebelum keberangkatan presiden dari Bandara Internasional Ben Gurion Israel pada 23 Mei 2017.
Foto: Kobi Gideon/GPO
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara dengan Presiden Donald Trump sebelum keberangkatan presiden dari Bandara Internasional Ben Gurion Israel pada 23 Mei 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan militernya harus mempertahankan kendali terbuka atas wilayah perbatasan selatan Gaza dengan Mesir yang dikenal sebagai Koridor Philadelphia. Sikap Netanyahu tersebut mengancam akan menggagalkan upaya gencatan senjata.

Sikap Netanyahu terhadap koridor tersebut yang direbut oleh pasukan Israel sang penjajah pada bulan Mei 2024 telah menjadi hambatan utama untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza, karena tekanan meningkat terhadap pemimpin Israel di tengah protes massal di dalam negeri yang menuntut agar dicapai kesepakatan yang membawa pulang para tawanan dan kemarahan internasional, karena jumlah warga Palestina yang dipastikan wafat oleh militer Israel di Gaza mendekati 41.000.

Baca Juga

“Gaza harus didemiliterisasi, dan ini hanya dapat terjadi jika Koridor Philadelphia tetap berada di bawah kendali yang kuat,” kata Netanyahu kepada wartawan asing pada hari Rabu (4/9/2024).

Netanyahu mengatakan Israel harus mempertahankan kendali atas koridor tersebut untuk mencegah penyelundupan senjata ke Gaza. Israel hanya akan mempertimbangkan untuk menarik diri dari lokasi strategis tersebut jika diberikan rencana alternatif untuk mengawasi daerah tersebut.

“Bawakan saya siapa pun yang benar-benar akan menunjukkan kepada kita bahwa mereka benar-benar dapat mencegah terulangnya penyelundupan, katanya. Saya tidak melihat hal itu terjadi sekarang, dan sampai itu terjadi, kita akan berada di sana,” kata Netanyahu, dikutip dari laman Aljazeera, Kamis (5/9/2024)

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement