Rabu 04 Sep 2024 18:42 WIB

Pansus Ungkap Ada Calhaj Khusus Diminta Tambah Bayaran 14.500 Dolar Jelang Keberangkatan

Anggota DPR ini menyoroti dugaan manipulasi terhadap pengelolaan Siskohat.

Umat Islam memadati Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, Kamis (6/6/2024). Menjelang berakhirnya fase kedatangan jamaah calon haji (closing date) pada 10 Juni 2024 kondisi Masjidil Haram semakin padat oleh jamaah dari berbagai belahan dunia khususnya pada saat shalat lima waktu, PPIH Arab Saudi menghimbau jamaah Indonesia agar shalat fardu dan ibadah sunnah lainnya dapat dilakukan di mushala atau masjid di sekitar hotel.
Foto:

Wisnu menjelaskan dari data yang diperoleh, teridentifikasi sebanyak kurang lebih 3.500 jamaah haji khusus diberangkatkan tanpa melalui masa tunggu yang seharusnya, yaitu masa tunggu nol (0) tahun. Dia mengatakan, temuan ini mengonfirmasi keterangan yang pernah disampaikan oleh Direktur Bina Haji Khusus dan Umrah Kementerian Agama. 

“Beberapa PIHK mengklaim bahwa data pemberangkatan nol (0) tahun ini sudah disediakan oleh Kementerian Agama, kemudian pihak PIHK diminta untuk melakukan verifikasi kepada calon jamaah. Sementara yang lain menyebut bahwa data ini berasal dari internal PIHK,” ujar Wisnu. 

photo
Pansus haji - (Dok Repubika)
photo
Pansus haji - (Dok Repubika)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement