Selasa 03 Sep 2024 14:00 WIB

Tak Menyesal Keluar dari RS Medistra, Ini Delapan Jenis Rezeki yang Menanti Dokter Diani

Ada rezeki yang diberikan Allah untuk orang bertakwa.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Dr dr Diani Kartini, SpB Subsp.Onk
Foto:

4. Rezeki tidak terduga

Ada rezeki yang sama sekali tidak terduga. Allah berikan kepada orang yang bertakwa, semakin bertakwa semakin Allah berikan rezeki.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

فَاِذَا بَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَاَمْسِكُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ فَارِقُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ وَّاَشْهِدُوْا ذَوَيْ عَدْلٍ مِّنْكُمْ وَاَقِيْمُوا الشَّهَادَةَ لِلّٰهِ ۗذٰلِكُمْ يُوْعَظُ بِهٖ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ

 الْاٰخِرِ ەۗ وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙوَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

 

". . . . . . Siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan menganugerahkan kepadanya rezeki dari arah yang tidak dia duga. Siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allahlah yang menuntaskan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah membuat ketentuan bagi setiap sesuatu. (QS At-Talaq Ayat 2)

 

5. Rezeki Karena Istighfar

Ada rezeki yang didapat karena istighfar. 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ اِنَّهٗ كَانَ غَفَّارًاۙ يُّرْسِلِ السَّمَاۤءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارًاۙ

Faqultustagfirū rabbakum innahū kāna gaffārā(n). Yursilis-samā'a ‘alaikum midrārā(n).

Lalu, aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia Maha Pengampun. (Jika kamu memohon ampun,) niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, (QS Nuh Ayat 10-11)

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Barang siapa yang memperbanyak bacaan istigfar, maka Allah akan mengadakan baginya dari setiap kesusahan pemecahannya dan dari setiap kesempitan jalan keluar dan Allah memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya." (HR Imam Ahmad)

6. Rezeki karena sedekah

Ada rezeki yang didapat karena sedekah.

 Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗٓ اَضْعَافًا كَثِيْرَةً ۗوَاللّٰهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۣطُۖ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Man żal-lażī yuqriḍullāha qarḍan ḥasanan fayuḍā‘ifahū lahū aḍ‘āfan kaṡīrah(tan), wallāhu yaqbiḍu wa yabsuṭ(u), wa ilaihi turja‘ūn(a).

Siapakah yang mau memberi pinjaman yang baik kepada Allah? Dia akan melipatgandakan (pembayaran atas pinjaman itu) baginya berkali-kali lipat. Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki). Kepada-Nyalah kamu dikembalikan. (QS Al-Baqarah Ayat 245)

Imam Ibnu Katsir menjelaskan ayat di atas, "Allah SWT menganjurkan kepada hamba-hamba-Nya agar menafkahkan hartanya di jalan Allah (sedekah bisa diartikan memberi pinjaman kepada Allah). Allah SWT mengulang-ulang ayat ini di dalam Alquran bukan hanya pada satu tempat saja.

7. Rezeki karena anak

Ada juga rezeki yang Allah berikan karena anak yang kita miliki.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

 

وَلَا تَقْتُلُوْٓا اَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ اِمْلَاقٍۗ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَاِيَّاكُمْۗ اِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْـًٔا كَبِيْرًا 

Wa lā taqtulū aulādakum khasy-yata imlāq(in), naḥnu narzuquhum wa iyyākum, inna qatlahum kāna khiṭ'an kabīrā(n).

Janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan (juga) kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka itu adalah suatu dosa yang besar. (QS Al-Isra' Ayat 31)

8. Rezeki karena menikah

Ada rezeki yang Allah berikan bagi orang yang ingin menikah dan menggenapkan separuh agamanya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَاَنْكِحُوا الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ 

Wa ankiḥul-ayāmā minkum waṣ-ṣāliḥīna min ‘ibādikum wa imā'ikum, iy yakūnū fuqarā'a yugnihimullāhu min faḍlih(ī), wallāhu wāsi‘un ‘alīm(un).

Nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu, baik laki-laki maupun perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS An-Nur Ayat 32)

Imam Ibnu Katsir mengutip pendapat sahabat Rasulullah SAW bernama Ibnu Abbas bahwa makna ayat ini mengandung anjuran kepada mereka untuk menikah. Allah memerintahkan orang-orang yang merdeka dan budak-budak untuk menikah atau kawin, dan Allah menjanjikan kepada mereka untuk memberikan kecukupan.

Dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, "Ada tiga macam orang yang berhak memperoleh pertolongan dari Allah, yaitu orang yang nikah karena menghendaki kesucian, budak mukatab yang bertekad melunasinya, dan orang yang berperang di jalan Allah." (HR Imam Ahmad, Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Majah)

Jelas bagi kita bahwa Allah telah menjelaskan banyak pintu rezeki yang bisa kita dapatkan. Sekarang tinggal kita mengetuk pintu rezeki itu dengan menambah ketakwaan kita dan menjemputnya semaksimal mungkin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement