Kamis 29 Aug 2024 09:50 WIB

Benarkah Wanita Pezina yang Sudah Hamil Dilarang untuk Dinikahi?

Jumhur mengatakan pernikahan wanita pezina hukumnya sah.

Wanita hamil
Foto: pexels
Wanita hamil

REPUBLIKA.CO.ID, Pernikahan seorang wanita yang hamil karena berzina menjadi pembahasan di kalangan ulama. Bagaimana hukumnya menikahi seorang wanita hamil karena zina?

Sekolah Fiqih-Rumah Fiqih Indonesia beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan itu, pengajar Rumah Fiqih Indonesia yang juga alumnus Pondok Modern Gontor, Ustazah Aini Aryani, menjelaskan bahwa ada nash yang melarang lelaki beriman menikahi wanita pezina (az Zaniyah) artinya wanita itu masih aktif dengan kegiatan zina seperti terdapat pada Alquran surah an-Nur ayat 3.

Baca Juga

Ustazah Aini mengatakan sebagai mana sebuah riwayat dijelaskan bahwa seorang lelaki beriman bernama Mirtsad datang ke Makkah dan meminta izin pada Rasulullah SAW untuk menikahi 'Anaq (wanita pezina). Rasulullah tidak menjawabnya hingga turun Alquran surah an- Nur ayat 3 yang berisi larangan bagi lelaki atau wanita yang beriman menikahi pezina.

Kendati demikian, jumhur (kebanyakan) ulama mengatakan lafaz hurrima pada surah an-Nur ayat 3 tidak dimaknai diharamkan, melainkan makruh tanzih atau perbuatan yang sangat tidak disukai. Jumhur ulama mengatakan, menikahi wanita pezina masuk kategori akad nikah yang sah.

photo
Pernikahan dan menikah (Ilustrasi) - (Republika)

Ustazah Aini mengatakan mayoritas ulama dari mazhab Hanafi, Maliki, dan Syafi'i membolehkan menikahi pezina dengan tujuan husnuzhan pernikahan itu ditujukan sebagai tindakan tobat. Sedangkan, ulama mazhab Hambali berpendapat bahwa bila sudah benar-benar wanita pezina itu tobat (tidak berzina lagi), maka boleh dinikahi. Tetapi bila tidak bertobat, tidak boleh dinikahi.

"Kita tak pernah tahu apa yang ada di hati manusia. Bisa saja kalau ada orang yang berzina dia mau nikah, kita husnuzhan berarti dia tidak mau berzina lagi. Intinya mayoritas ulama mewakili mazhab Hanafi, Maliki, dan Syafi'i mengatakan memperbolehkan menikahi pezina dengan tujuan kita husnuzhan- nya pernikahan itu ditujukan sebagai tindakan tobat," katanya.

Sementara itu, tentang menikahi wanita hamil, Ustazah Aini mengatakan wanita yang sedang hamil boleh dinikahi asalkan yang menikahinya adalah mantan suaminya. Misalnya, suami menceraikan, lalu diketahui wanita itu hamil, lelaki itu rujuk, maka hal tersebut diperbolehkan.

Sementara itu, haram hukumnya seorang wanita yang hamil menikah dengan mantan suami yang pernah menalaknya tiga kali (talak bainunah kubra). Selain itu, Ustazah Aini juga menjelaskan bahwa haram hukumnya seorang wanita hamil yang sedang berada pada masa iddah menikah dengan lelaki yang tidak menghamilinya.

Misalnya, seorang wanita hamil yang baru saja suaminya meninggal, maka haram menikah dengan lelaki lain sampai selesai masa iddah dan melahirkan.

 

Perbedaan ulama mazhab.. 

 

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement