Senin 19 Aug 2024 20:28 WIB

Pengakuan Yahudi yang Membuat Khalifah Ottoman Terakhir Berurai Air Mata

Sultan Abdulmecid digulingkan oleh rezim Turki sekuler

Sosok Abdulmecid atau Abdul Majid II adalah seorang pianis, pemain celo berbakat, dan seorang seniman yang menyukai melukis. Tapi pencapaian terbesar dan paling terkenalnya adalah dia menjadi khalifah Muslim terakhir yang diakui secara resmi. Foto Abdulmecid II di singgasananya pada 1923.
Foto: Library of Congress
Sosok Abdulmecid atau Abdul Majid II adalah seorang pianis, pemain celo berbakat, dan seorang seniman yang menyukai melukis. Tapi pencapaian terbesar dan paling terkenalnya adalah dia menjadi khalifah Muslim terakhir yang diakui secara resmi. Foto Abdulmecid II di singgasananya pada 1923.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Abdulmecid II, khalifah Islam Ottoman terakhir yang digulingkan, banyak dicatatkan dalam sejarah. Termasuk bagaimana ia digulingkan pada akhir masanya

Midleeasteye, menuliskan tentang bagaimana Abdulmecid digulingkan. Pada Senin 3 Maret 1924, Majelis Nasional Agung tidak hanya menghapus kekhalifahan, tetapi juga mencabut kewarganegaraan Turki dari setiap anggota keluarga kekaisaran, mengirim mereka ke pengasingan, menyita istana mereka, dan memerintahkan mereka untuk melikuidasi properti pribadi mereka dalam waktu satu tahun.

Baca Juga

Perdebatan terjadi di Majelis selama lebih dari tujuh jam. “Jika umat Islam lain menunjukkan simpati kepada kita,” Perdana Menteri Ismet Pasha menyatakan di depan Majelis untuk mendapatkan persetujuan luas, ‘ini bukan karena kita memiliki Khalifah, tetapi karena kita kuat’. Argumennya akhirnya menang.

BACA JUGA: Coba Cari Kesalahan Alquran, Mualaf Lamaan Ball: Tuhan Jika Engkau Ada, Bimbinglah Aku

Haydar Bey, Gubernur Istanbul, didampingi oleh Kepala Polisi Istanbul, Sadeddin Bey, menyampaikan berita tersebut kepada Abdulmecid tepat sebelum tengah malam pada tanggal 3 Maret.

Mereka menemukan sang khalifah sedang mempelajari Alquran di perpustakaannya dan membacakan perintah pengusiran tersebut. “Saya bukan pengkhianat,” jawab Abdulmecid. “Dalam keadaan apa pun saya tidak akan pergi.”

Dia kemudian menoleh kepada saudara iparnya, Damad Sherif: “Pasha, Pasha, kita harus melakukan sesuatu! Kamu juga harus melakukan sesuatu!” Tetapi Pasha tidak memiliki apa-apa untuk ditawarkan kepada khalifahnya. “Kapal saya akan berangkat, Tuan,” jawabnya, sebelum membungkuk dan segera pergi.

Putri sang khalifah, Putri Durrushehvar, saat itu berusia 10 tahun. Kenangannya pada malam itu menunjukkan perasaan dikhianati, bukan hanya oleh pemerintah, tapi juga oleh rakyat Turki. “Ayah saya, yang keluarganya telah berkuasa selama tujuh abad terakhir, telah mengorbankan hidup dan kebahagiaannya untuk orang-orang yang tidak lagi menghargainya,” katanya.

Sekitar pukul 5 pagi, Abdulmecid keluar dari istana bersama ketiga istrinya, putra, putri dan pembantu rumah tangga senior mereka. Khalifah yang digulingkan ini disambut dengan hormat oleh para tentara dan polisi yang saat itu mengepung Dolmabahce.

Kemudian ia menuju Catalca, sebelah barat Istanbul. Saat menunggu kereta, keluarga tersebut dijaga oleh seorang kepala stasiun Yahudi yang mengatakan kepada mereka bahwa Keluarga Osman adalah “dermawan bagi orang-orang Yahudi”, dan bahwa bisa melayani keluarga tersebut “selama masa-masa sulit ini adalah bukti rasa terima kasih kami”. Kata-katanya membuat Abdulmecid meneteskan air mata. 

Kembali ke Istanbul, para pangeran kekaisaran diberi waktu dua hari untuk pergi dan masing-masing 1.000 lira Turki; para putri dan anggota keluarga lainnya memiliki waktu lebih dari satu pekan untuk mengatur kepergian mereka. Ketika para pangeran meninggalkan kota, kerumunan orang yang “terlihat murung dan tertunduk” berkumpul untuk mengantar kepergian mereka.

Dalam beberapa hari, keluarga Abdulmecid telah pindah ke Territet, sebuah daerah pinggiran kota yang indah di Danau Leman di Swiss.

Kemudian, Abdulmecid II menunju Hyderabad dan melalui persatuan Wangsa Osman dengan dinasti Asaf Jahi dari negara bagian pangeran, Abdulmecid mencari kekhalifahan yang dihidupkan kembali.

Pada 1931, politisi India Shaukat Ali menjadi perantara pernikahan antara putri sang khalifah, Putri Durrushehvar, dengan putra sulung Nizam, Pangeran Azam Jah.

Abdulmecid menunjuk putra mereka, cucunya, yang akan menjadi penguasa masa depan Hyderabad, sebagai pewaris kekhalifahan.

Akan tetapi, pada akhirnya, kekhalifahan ini tidak pernah dideklarasikan - republik India yang baru terbentuk mencaplok Hyderabad pada 1948.

Apa yang terjadi pada Abdulmecid?

Khalifah yang digulingkan ini tidak pernah bisa kembali ke Istanbul yang dicintainya. Namun, selama bertahun-tahun di pengasingan, ia tidak pernah menerima kekhalifahan telah dihapuskan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement