Rabu 16 Oct 2024 16:57 WIB

Konspirasi Yahudi dan Tuduhan Atas Kesultanan Ottoman yang Terbantahkan

Ottoman menghadapi berbagai tuduhan sepanjang sejarah

Ilustrasi marching band Ottoman. Ottoman menghadapi berbagai tuduhan sepanjang sejarah
Foto: wikipedia.org
Ilustrasi marching band Ottoman. Ottoman menghadapi berbagai tuduhan sepanjang sejarah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Banyak tuduhan yang dialamatkan kepada Ottoman atau Utsmaniyah. Kesultanan ini antara lain dituduh sebagai negara Islam pesakitan dan penjajah dengan misi utama menyebarkan Islam. 

Benarkah demikian? Sebuah artikel panjang yang ditulis oleh Abdullah al-Nadim di majalah al-al-Ustadz pada 1893 M, di mana ia menyatakan, “Jika negara Utsmaniyah adalah sebuah agama Kristen, maka ia akan tetap berada di antara negara-negara besar, namun heterodoksi agama dan usaha Eropa yang tak kenal lelah untuk membasmi agama Islam mengharuskan prasangka ini.”

Baca Juga

Sementara Muhammad Abduh, yang mengatakan selama masa tinggalnya di Beirut pada 1889: “Hanya negara Utsmaniyah yang mempertahankan otoritas agama dan menjamin kelangsungan hidupnya, dan agama tidak memiliki otoritas di negara lain.”

Mengenai pertanyaan tentang apa yang dikatakan tentang negara yang mempraktikkan kolonialisme, ide ini ditolak oleh sejarah, karena negara Utsmaniyah bekerja untuk menyatukan orang-orang Islam di bawah satu otoritas dan mencoba untuk mengintegrasikan elemen-elemen dari satu bangsa.

Setelah kelemahan Mamluk dan eksposur Levant terhadap invasi Tentara Salib pada abad ke-16, banyak sejarawan dan peneliti yang berpikiran sehat menegaskan bahwa Kekaisaran Ottoman telah mampu menyatukan orang-orang Islam di bawah satu otoritas.

Segera setelah armada angkatan lautnya jatuh pada 1827, Prancis memasuki Aljazair dengan kampanye militer. Tiga tahun kemudian (1830) dan kemudian (1881), konferensi Pengadilan Rekonstruksi Internasional 1878 diadakan untuk membagi properti negara, yang dikenal sebagai “orang sakit di Eropa” menurut klaim negara-negara ini.

Abad keenam belas dan ketujuh belas dianggap sebagai awal dari erosi di tingkat internal dan eksternal setelah pasang surutnya ...

Kemajuan dan kemunduran ...Naik dan turun ...Kemenangan dan kekecewaan ... Penaklukan dan penaklukan kembali. Diperintah oleh sejumlah sultan selama berabad-abad berturut-turut, beberapa di antaranya adalah Sultan Murad IV, yang memerintah dari 1633 hingga 1640.1640 M, yang berhasil menyelamatkan Baghdad satu tahun sebelum kematiannya dari pengambilalihan Persia Safawi kedua di Irak pada 1638 M.

Namanya kemudian dikaitkan dengan (penakluk Baghdad). Sultan-sultan lainnya, seperti Sultan Mustafa I, yang memerintah pada periode (1622-1623), tentara ikut campur dalam urusan negara.

Sejarah juga menyimpan banyak keuntungan bagi masyarakat Muslim Turki, termasuk fakta bahwa mereka adalah orang-orang yang gigih menentang yang termotivasi oleh semangat jihad dan sehat karena didikan dan kedekatan mereka dengan alam dan kesederhanaan hidup.

Komunitas Yahudi yang dikenal sebagai Yahudi Donmeh memainkan peran serius dalam mengagitasi situasi politik di dalam negara, sehingga Mereka adalah yang pertama kali mendirikan Partai Persatuan dan Kemajuan, yang dijiwai oleh fanatisme Turania yang memusuhi Arabisme dan Islam hingga hari ini.

photo
Arsitektur peninggalan Ottoman - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement