Senin 19 Aug 2024 05:20 WIB

Drone Hizbullah Dilaporkan Intai Kediaman Netanyahu

Pesawat tak dikenal itu dilaporkan terdeteksi sistem radar kapal AU Israel.

Drone Hizbullah (Ilustrasi)
Foto: AP Photo/Hezbollah Military Media
Drone Hizbullah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV — Sebuah pesawat tak dikenal dilaporkan terdeteksi oleh sistem radar kapal rudal Angkatan Laut Israel yang sedang berpatroli di lepas pantai Caesarea.

Surat kabar Israel, Israel Hayom, melaporkan pada Ahad (18/8/2024), kelompok bersenjata Lebanon, Hizbullah, kemungkinan telah menggunakan pesawat tak berawak untuk mengambil rekaman terhadap kediaman Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di Caesarea, sebelah utara Tel Aviv.

Baca Juga

“Para pejabat menduga bahwa pesawat tersebut adalah pesawat tanpa awak yang diluncurkan oleh Hizbullah, yang mungkin mencoba untuk mengambil rekaman kediaman Netanyahu di tepi pantai untuk dirilis di masa depan,” kata laporan tersebut.

photo
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghadiri rapat Kabinet di Bible Lands Museum di Yerusalem, 05 Juni 2024. - (EPA-EFE/GIL COHEN-MAGEN / POOL)

Pesawat tak dikenal itu dilaporkan terdeteksi oleh sistem radar kapal rudal Angkatan Laut Israel yang sedang berpatroli di lepas pantai Caesarea. Menurut laporan surat kabar tersebut, pemantau udara Israel gagal untuk 'mengincar' keberadaannya. Untuk itu, Angkatan Udara Israel mengerahkan jet-jet tempurnya ke daerah tersebut.

Menurut surat kabar tersebut, tentara Israel kemudian menyatakan bahwa deteksi drone tersebut kemungkinan besar adalah alarm palsu. Meski demikian, pihak militer tidak sepenuhnya menepis kemungkinan bahwa Hizbullah telah meluncurkan sebuah pesawat tak berawak kecil untuk mengambil gambar rumah tersebut.

“Meskipun tidak ada konfirmasi visual, para pejabat militer dan angkatan udara tidak sepenuhnya menepis kemungkinan adanya sebuah pesawat tanpa awak (UAV) kecil yang diluncurkan dari Lebanon,” kata laporan itu seperti dikutip Palestine Chronicle. 

 

Rekam situs-situs sensitif Israel... Baca halaman selanjutnya..

 

sumber : Palestine Chronicle
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement