Rabu 14 Aug 2024 18:54 WIB

Perang Besar Israel Berikutnya, Politisi Ekstrem Kanan, dan Supremasi Yahudi

Rezim Netanyahu adalah rezim yang haus perang

Tentara Israel dengan kendaraan tempur lapis baja mereka berkumpul di posisi dekat perbatasan dengan Jalur Gaza, di Israel selatan, (2/12/2023).
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Tentara Israel dengan kendaraan tempur lapis baja mereka berkumpul di posisi dekat perbatasan dengan Jalur Gaza, di Israel selatan, (2/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Dorongan menuju perang habis-habisan di Timur Tengah sedang bergerak keluar dari fase berjalan sambil tidur menuju fase perhitungan eskatologis yang disadari.

Dr Binoy Kampmark dalam artikel bertajuk Bloody eschatology: Israel and the next big war di Middle East Monitor menyatakan Armageddon yang penuh darah dan berapi-api akan menyingkapkan kekuatan-kekuatan kebajikan, yang menghubungkan kaum evangelis Kristen di Amerika Serikat dengan kaum nasionalis Yahudi sayap kanan di Israel.

Baca Juga

Prospek yang mengerikan itu tentu saja tidak bisa diabaikan, kaum mesianis selalu merupakan kelompok yang menakutkan, yang menganggap sejarah dan teks-teks agama yang dipangkas secara selektif berada di pihak mereka.

Setiap pekan kini datang dengan beberapa tindakan sabotase, mutilasi dan gangguan terhadap prospek perdamaian. Dalam pidatonya pada 24 Juli lalu di hadapan Kongres Amerika Serikat, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menguraikan visi Manichean-nya yang kasar dengan cara menggonggong secara rutin.

Dengan demikian, niatnya, seperti yang dikatakan oleh Noa Landau, bukanlah untuk mengakhiri perang di Gaza, melainkan memperpanjangnya.

Bagi Netanyahu, nada-nada retorika peradaban yang tegang tidak pernah jauh. Dia ingin negara-negara lain ikut campur, memerangi para penjahat yang dia sebut sebagai “poros teror”.

Hambatan terhadap upaya perang negara Yahudi harus ditolak. Memaksakan hal itu akan membuat negara-negara lain yang memiliki jenis yang sama terbelenggu. “Jika tangan Israel diikat, Amerika akan menyusul,” kata pemimpin Israel itu.

“Saya akan memberi tahu Anda apa lagi yang berikutnya: kemampuan semua negara demokrasi untuk memerangi terorisme akan terancam.” 

Baca juga: Media Amerika Serikat Ungkap Hamas Justru Semakin Kuat, Bangun Kembali Kemampuan Tempur

 

Ruang telah disediakan untuk menyerang Pengadilan Kriminal Internasional, yang kepala jaksa penuntutnya telah meminta surat perintah penangkapan terhadap Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant, dan para presiden dari universitas-universitas terkemuka di Amerika Serikat.

Adapun para mahasiswa yang memprotes, mereka telah memilih untuk “berdiri bersama kejahatan. Mereka berdiri bersama Hamas. Mereka berdiri bersama para pemerkosa dan pembunuh.”

Dengan kemarahan..

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement