Selasa 13 Aug 2024 05:41 WIB

Gedung Putih: Iran Siapkan Serangan Besar-besaran ke Israel Pekan Ini

Iran telah menyiapkan rudal dan dronenya.

Penasihat Gedung Putih John Kirby.
Foto:

Israel telah memerintahkan personel militernya yang ditempatkan di Azerbaijan dan Georgia untuk segera kembali mengingat adanya ancaman kemungkinan serangan Iran, kantor berita TASS melaporkan mengutip radio pemerintah Kan.

Dikutip dari laman Armen Press, Senin (12/8/2024), perintah yang dikeluarkan oleh militer Israel mengamanatkan pasukannya yang saat ini berada di salah satu dari kedua negara tersebut untuk segera pulang ke Israel.

Iran telah berjanji untuk membalas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada akhir Juli 2024, yang dilakukan oleh Israel, menurut Iran. Namun Israel belum mengklaim atau membantah bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut.

photo
Tentara Israel membawa rekannya yang terluka di Jalur Gaza. - (IDF)

Dikutip dari laman Shafaq, pada Senin, Komite Koordinasi Perlawanan Irak (IRCC) memperingatkan bahwa mereka akan memberi respons jika Iran dibom melalui wilayah udara Irak.

IRCC mencakup faksi-faksi Syiah bersenjata yang didukung oleh Iran, termasuk Kataib Hezbollah, Asaib Ahl Al-Haq, Kataib Sayyid al-Shuhada, dan Harakat Hezbollah al-Nujaba, yang sebelumnya mengklaim serangan terhadap target militer AS di Irak.

"Meskipun serangan brutal terhadap rakyat kami dan perlawanan terus berlanjut, kekuatan arogansi memprioritaskan keamanan entitas Zionis di atas keamanan regional, mengabaikan kedaulatan Irak dan kepentingan negara-negara yang menentang kebijakan kriminal mereka,” kata IRCC.

"IRCC tidak dibatasi, dan jika pasukan AS menargetkan rakyat kami di Irak atau menggunakan wilayah udaranya untuk menyerang Iran, respons kami tidak akan dibatasi,” ujarnya.

Hal ini menyusul pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh oleh Israel di Teheran, yang mendorong Iran bersumpah untuk membalas, sementara AS telah berjanji mendukung Israel jika terjadi serangan.

Sebelumnya, sumber-sumber swasta mengatakan kepada Kantor Berita Shafaq bahwa “Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memperingatkan Perdana Menteri Irak Mohammed Shia Al-Sudani tentang faksi-faksi Irak yang didukung Iran yang berencana untuk meningkatkan serangan terhadap pasukan AS di Irak dan kawasan tersebut.”

Dalam konteks ini, Blinken menekankan komitmen pemerintah AS untuk melindungi pasukan dan kepentingannya, sementara Al-Sudani bekerja keras untuk mencegah eskalasi oleh faksi-faksi yang menentang kepentingan Amerika.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement