Senin 05 Aug 2024 09:37 WIB

Ketakutan Diserang Iran, Bunker Miliaran Shekel Disiapkan untuk Netanyahu Ngumpet

Bunker tersebut sudah dibangun hampir 20 tahun yang lalu.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghadiri rapat Kabinet di Bible Lands Museum di Yerusalem, 05 Juni 2024.
Foto:

Pusat Manajemen Nasional dibangun di Perbukitan Yerusalem dengan biaya miliaran shekel setelah berakhirnya Perang Lebanon Kedua pada tahun 2006. Lokasi dan kedalamannya tidak diketahui, menurut laporan Ynet. Tempat ini dapat menampung ratusan orang dan ditujukan untuk pemerintah serta badan-badan sipil penting lainnya.

Menurut Ynet, Pusat Manajemen Nasional belum dianggap perlu dalam perang sejauh ini. Mempersiapkannya untuk digunakan saat ini mungkin merupakan indikasi beratnya ancaman dari Iran dan Hizbullah, terutama mengingat hal itu tidak digunakan selama serangan Iran terhadap Israel pada bulan April ketika Iran meluncurkan lebih dari 300 rudal dan pesawat tak berawak ke Israel, yang sebagian besar berhasil dicegat oleh Israel dan sekutunya.

AS berusaha keras untuk menghidupkan kembali koalisi regional yang diklaim berhasil mencegat serangan langsung Iran sebelumnya terhadap Israel, kata berbagai laporan. Para pejabat Israel mengakui bahwa serangan kali ini mungkin akan menimbulkan kerusakan dan korban jiwa.

Terakhir kali bunker tersebut diketahui digunakan adalah pada tahun 2018 ketika Perdana Menteri Benjamin Netanyahu memerintahkan serangkaian pertemuan kabinet keamanan tingkat tinggi untuk diadakan di sana, kemungkinan untuk mencegah kebocoran ke media.

photo
Display rudal Iran bertuliskan kematian untuk Israel. - (AP Photo/Vahid Salemi)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement