Ahad 04 Aug 2024 11:33 WIB

Dewan Masjid Al Haqqul Mubiin Gandeng Rumah Zakat Hadirkan Desa Berdaya

Program Desa Berdaya ini adalah inisiatif pemberdayaan memamfaatkan potensi lokal.

Dewan Masjid Al Haqqul Mubiin berkolaborasi dengan Rumah Zakat meluncurkan program Desa Berdaya di Desa Dawuan Barat, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang.
Foto: Dok Republika
Dewan Masjid Al Haqqul Mubiin berkolaborasi dengan Rumah Zakat meluncurkan program Desa Berdaya di Desa Dawuan Barat, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Dewan Masjid Al Haqqul Mubiin berkolaborasi dengan Rumah Zakat meluncurkan program Desa Berdaya di Desa Dawuan Barat, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Acara peresmian ini berlangsung meriah di Balai Desa Dawuan Barat pada Sabtu, 3 Agustus 2024.

Baca Juga

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat dan pejabat setempat. Di antaranya Pj Kepala Desa Dawuan Barat, Bapak H Ari Maulana, Sekretaris Desa Dawuan Barat, Bapak E Wahyu Adam, Ketua Dewan Masjid Al Haqqul Mubiin, Ustadz Agus Wahyu, Chief Fundraising Officer Rumah Zakat, Bapak Didi Sabir, para tokoh Desa Dawuan Barat, Babinsa Desa Dawuan Barat, Babinmas Desa Dawuan Barat dan Masyarakat Desa Dawuan Barat.

Program Desa Berdaya ini adalah inisiatif pemberdayaan masyarakat yang memanfaatkan potensi lokal di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan. Tujuan utama program ini adalah meningkatkan kualitas hidup individu dan komunitas melalui pemberdayaan yang berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan universal yang diusung oleh Rumah Zakat.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh tim Rumah Zakat, Program yang akan digulirkan di Desa Berdaya Al Haqqul Mubiin di Dawuan Barat diantaranya: Program Lingkungan: Bank Sampah, Program Ekonomi: KUBe Handycraft dan Capacity Building

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Dewan Masjid Al Haqqul Mubiin dan Rumah Zakat yang telah menunjuk Desa Dawuan Barat sebagai Desa Berdaya Binaan Rumah Zakat. Salah satu permasalahan di Desa Dawuan Barat adalah sampah. Semoga dengan adanya program Desa Berdaya yang diprakarsai oleh Rumah Zakat, masalah ini dapat terselesaikan sedikit demi sedikit," kata Pj Kepala Desa Dawuan Barat, Bapak H Ari Maulana. 

“Alhamdulillah, ini adalah salah satu ikhtiar kita untuk menebar kemanfaatan. Bergerak dan terus bergerak mempersembahkan samudera manfaat bagi segenap umat. Wilayah Desa Berdaya Dawuan Barat yang berada di kawasan ring satu industri PT Astra Honda Motor diharapkan bisa merasakan manfaat dari program ini," kata Ketua Dewan Masjid Al Haqqul Mubiin, Ustadz Agus Wahyu, dalam sambutannya.

Selain meresmikan Desa Berdaya Al Haqqul Mubiin, Rumah Zakat juga menyalurkan bantuan sembako untuk masyarakat Dawuan Barat dan mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis melalui program Siaga Sehat, yang disambut dengan antusiasme luar biasa dari masyarakat.

Dengan hadirnya Desa Berdaya ini, diharapkan kualitas hidup masyarakat Dawuan Barat dapat meningkat dan tercipta lingkungan yang lebih sehat, sejahtera, dan berdaya saing. Tentu saja Ini adalah komitmen Rumah Zakat dalam mewujudkan Manfaat Hebat untuk Indonesia dan Dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement