Senin 15 Jul 2024 15:54 WIB

Gus Nadir Ungkap Jaringan yang Atur Pertemuan Cendikiawan Nahdliyin dan Presiden Israel

Cendekiawan Nahdliyin pergi ke Israel bukan atas nama PBNU.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Sejumlah tokoh muda Nahdliyin bertemu dengan Presiden Israel, Isaac Herzog.
Foto:

Dia menjelaskan, organisasi NU bertindak bukan hanya atas pilar tasamuh (toleransi) dan tawasuth (moderasi), tapi juga tawazun dan i'tidal. "Tawazun artinya seimbang. Itu sebabnya mereka saat mendapat undangan harus menimbang banyak hal terlebih dahulu, termasuk geo politik dan konflik yang terjadi saat ini," kata Gus Nadir. 

Sedangkan i'tidal artinya tegak lurus pada aturan main, keadilan dan kebenaran. Terkait hal ini, menurut dia, Mahkamah Internasional sudah bersikap, begitu juga kebijakan pemerintah Republik Indonesia.  

"Jadi yang dilakukan kelima orang itu jauh dari prinsip NU: tawazun dan i'tidal," jelas Gus Nadir. 

Dosen di Monash University Melbourne Australia ini menuturkan, Presiden Israel sendiri juga hanya simbol seremonial belaka. Ia tidak menjalankan roda pemerintahannya sehari-hari. 

"Jadi alasan mau berdiskusi soal konflik dengan dia itu menunjukkan ketidakpahaman soal struktur pemerintahan Israel. Lagipula seruan damai Sekjen PBB dan Paus Fransiskus saja dicuekin, mereka ini siapa kok merasa bisa mempengaruhi kebijakan Netanyahu. Banyakin ngaca mas-mbak," kata Gus Nadir. 

Dia menambahkan, program kunjungan seperti ini sudah lama berjalan bertahun-tahun dan selalu memicu kontroversi. Karena itu, dia menyarankan kepada semua tokoh NU agar menolak undangan dari Israel. 

"Saran saya mereka yang merasa tokoh/aktivis/ulama sebaiknya menolak undangan semacam ini selama konflik belum usai. Yang untung cuma Israel dengan kunjungan dari NU. Mudharatnya lebih banyak," ujar Gus Nadir. 

Sebelumnya, foto para intelektual muda bersama Presiden Israel Isaac Herzog tengah viral di media sosial. Tidak diketahui persis kapan kunjungan para intelektual muda Nahdliyin tersebut. Informasi yang diperoleh Republika.co.id, mereka berada di Israel selama pekan lalu.

Republika.co.id, pada Ahad (14/7/2024) juga sudah mencoba menghubungi salah satu peserta rombongan kunjungan tersebut Gus Syukron Makmun. Namun, dia enggan berkomentar lebih jauh tentang Kunjungannya ke Israel.

Selain Gus Syukron, tampak dalam foto itu sejumlah tokoh muda lainnya yaitu Dr Zainul Maarif, Munawir Aziz, Nurul Bahrul Ulum, dan Izza Annafisah Dania. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement