Jumat 05 Jul 2024 04:38 WIB

Meski Buka Pintu Rezeki, Surah Al-Waqi'ah Membuat Rasulullah Tampak Menua, Apa Sebabnya?

Tema utama surah ini adalah uraian tentang hari Kiamat

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Infografis Gaya Hidup Nabi Muhammad yang Terbukti Sehat Secara Ilmiah
Foto:

Sebagaimana diketahui, Surah al-Waqiah diawali dengan penjelasan mengenai kiamat. Surah al-Waqiah terdiri dari 96 ayat, surat ini dinamai al-Waqiah diambil dari ayat pertama surat ini.

Isi Surah al-Waqi'ah adalah huru-hara di waktu terjadinya hari kiamat. Manusia di waktu hisab terbagi atas tiga golongan, yaitu golongan yang segera menjalankan kebaikan, golongan kanan, dan golongan yang celaka. Dijelaskan juga balasan yang diperoleh oleh masing-masing golongan. Bantahan Allah terhadap keingkaran orang yang mengingkari adanya Tuhan, hari kebangkitan, dan adanya hisab. 

Dijelaskan juga bahwa Alquran berasal dari Lauh Mahfudz. Dalam surat ini juga ada gambaran tentang surga dan neraka. Dikutip dari Alquran dan Terjemahannya yang dianjurkan oleh Pelayan Dua Tanah Suci, Raja Fahd Ibn Abdal Aziz Al Saud, Raja Kerajaan Arab Saudi untuk dicetak.

Ulama berpendapat bahwa ada beberapa ayat dari Surat al-Waqi‘ah yang turun setelah Nabi Muhammad SAW berhijrah. Al-Qurthubi misalnya mengemukakan riwayat yang bersumber dari sahabat Nabi Muhammad SAW, Ibnu Abbas bahwa ayat 82 turun di Madinah. Ada lagi riwayat yang menyatakan bahwa ayat tersebut dan satu ayat sebelumnya turun dalam perjalanan Nabi Muhammad SAW ke Makkah, sedang ayat 39-40 turun dalam perjalanan Nabi Muhammad SAW ke Madinah pada perang Tabuk. Namun riwayat-riwayat ini tidak mendapat dukungan pakar-pakar Alquran. (Tafsir Al-Mishbah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement