Rabu 03 Jul 2024 05:47 WIB

12 Negara Mayoritas Muslim dengan Kekuatan Militer Terbesar

Negara-negara Muslim berlomba untuk perkuat militer mereka

Prajurit TNI mengikuti defile (ilustrasi). Negara-negara Muslim berlomba untuk perkuat militer mereka
Foto:

9. Suriah

Personel aktif          : 154 ribu

Anggaran 2017       : 1,87 miliar dolar AS

Setelah lebih dari enam tahun pertempuran yang mengerikan, militer Suriah hanya tinggal bayangan dari apa yang dulu, tapi tetap tangguh dalam pertempuran.

Militernya didukung oleh milisi Iran, pasukan Rusia, dan milisi swasta lokal untuk mempertahankan rezim Assad, setelah mengalami kerugian besar, desersi yang merajalela, dan kelelahan akibat perang.

8. Malaysia

Personel aktif            : 110 ribu

Anggaran 2017         : 4,7 miliar dolar AS

Meskipun Malaysia belum pernah berperang dalam konflik konvensional sebelumnya, negara ini memiliki militer modern dengan postur strategis yang seimbang antara kekuatan angkatan laut, modernisasi teknologi, dan keunggulan udara.

Malaysia terlibat dalam perselisihan dengan klaim Cina atas Laut Cina Selatan, dan merupakan anggota aktif pasukan penjaga perdamaian PBB.

Sementara berjuang dengan keterbatasan keuangan dan ketidakstabilan mata uang, militernya terus berkembang dan dimodernisasi. Negara ini menghadapi tantangan untuk menyesuaikan aset yang tidak sesuai dengan ancaman domestik dan internasional yang mereka hadapi.

7. Aljazair

Personel aktif              : 520 ribu

Anggaran 2017           : 10,6 miliar dolar AS

Aljazair adalah negara Arab terbesar dari segi luas wilayah dan telah berinvestasi besar-besaran pada militernya sejak kemerdekaannya. Tentara Nasional Rakyat Aljazair telah aktif sejak berdirinya, pertama kali bertempur dalam perang kemerdekaan berdarah, perang saudara yang mengerikan yang dijuluki 'Dekade Hitam', diikuti dengan lebih dari dua dekade memerangi terorisme, dan melindungi perbatasannya yang signifikan.

Aljazair juga merupakan satu-satunya negara selain Tiongkok yang membeli sistem rudal S400 Rusia.

Aljazair memiliki perbatasan yang bermasalah dengan negara-negara tetangganya, termasuk Libya dan Mali, dan secara aktif mendukung Front Polisario, yang mengupayakan kemerdekaan Sahara Barat dari Maroko.

6. Arab Saudi

Personel aktif               : 231 ribu

Anggaran 2017            : 69,413 miliar dolar AS

Militer Arab Saudi adalah militer dengan persenjataan terbaik di wilayahnya. Dalam beberapa tahun terakhir, negara ini telah bertempur dalam perang berdarah di Yaman sebagai kepala koalisi sekutu.

Meskipun Yaman telah menjadi ajang pembuktian bagi militernya, perang yang berlarut-larut ini telah mengundang kecaman internasional yang signifikan atas banyaknya korban jiwa yang jatuh, dan kekhawatiran kemanusiaan atas kelaparan dan penyakit di negara yang dilanda perang tersebut.

Selanjutnya Pakistan..

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement